Brilio.net - Sebagai seorang pelajar yang ingin menjalani Ujian Nasional (UN) tentu sering dilanda rasa stres dan was-was. Gimana tidak, setiap siswa harus menyiapkan materi dan mempelajarinya dengan sangat matang karena UN merupakan kunci kelulusan.

Rupanya, rasa stres dan was-was juga pernah melanda artis cantik Tasya Kamila saat menjalani UN kelulusan SMA. Bahkan ia pernah biduran karena terlau stres.

"Pernah pas tryout aku sampai biduran karena stres banget, yaampun masa belajar tiga tahun di tesnya hari ini doang, itu yg bener-bener aku biduran, Takut enggak memuaskan," ujarnya saat ditemui media di Jakarta.

Beruntungnya, Tasya memiliki cara untuk mengatasi stresnya. Ia pun memberikan tips mengatasi rasa stres dan was-was saat mengahadapi UN.

"Yang pertama aku punya study plan, rencana belajar. Aku selalu bikin, misalnya ujian masih tiga bulan lagi, nah selama tiga bulan ke depan rencana belajarku apa," kata Tasya.

Loading...

Tasya menuturkan dari simulasi ujian (try out) yang diikuti di sekolah juga bisa menjadi bahan mengevaluasi penguasaan materi.

"Banyak-banyak latihan soal, jadi tahu bisa mengukur kemampuan diri kita, bisa tahu seberapa cepat kita menyelesaikan satu pertanyaan dan juga gimana materi apa yang belum dikuasai," ujar Tasya.

Dan yang terakhir adalah ibu satu anak ini memilih berserah dan berdoa kepada yang Maha Kuasa.

"Karena kalau sudah berdoa dan lakukan yang terbaik hasilnya apa pun pasti ikhlas," tutup pelantun lagu Libur Telah Tiba.