Brilio.net - Tak bisa dipungkiri sampai kini selebriti Bollywood masih begitu digilai para penggemarnya. Kemampuan akting mereka mampu membuat banyak orang terpesona. Hal ini dikarenakan pada pertengahan tahun 1990-an, Indonesia dilanda demam film-film Bollywood.

Berawal dari kesuksesan film Kuch Kuch Hota Hai, India tak henti-hentinya mengirimkan film-film terbaiknya ke Indonesia. Maka tak heran, hingga kini masih ada televisi swasta di Indonesia yang mengkhususkan jadwalnya untuk penayangan film India.

Film Bollywood terkenal dengan kisah dramanya. Lagu-lagu disertai tarian seolah tak mungkin bisa dihapus darinya. Itu adalah khas India. Setiap aktor atau aktris di India mungkin wajib bisa menari.

Dalam dunia perfilman Bollywood, banyak karakter peran yang mewarnainya. Entah karakter baik atau protagonis selalu menjadi buah bibir. Meskipun begitu, tokoh antagonis juga sangat mencuri perhatian penikmat film. Saking sering memerankan tokoh antagonis, tak jarang para artis berikut ini dijuluki ikon tokoh jahat.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Bahkan kehadiran mereka membuat orang sangat mengingat meskipun film tersebut sudah lama diputar. Hmmm, apa kamu masih ingat siapa saja mereka?

Dirangkum brilio.net dari berbagai pada Selasa (9/6), berikut kabar terkini para aktor Bollywood yang langganan perankan tokoh jahat.

1. Kay Kay Menon.

aktor Bollywood langganan peran penjahat © 2020 brilio.net

foto: timesofindia.com

Nama Kay Kay Menon menjadi salah satu aktor Bollywood yang langganan menjadi peran antagonis. Walaupun kurang sukses mengawali debut dalam film Naseem pada tahun 1995, perlahan-lahan ia mendapatkan kesuksesan dalam film Deewar, Sarkar dan Life In Metro.

Bahkan di 2 film yang disebutkan terakhir, namanya masuk nominasi sebagai Aktor Peran Negatif terbaik di ajang IIFA (International Indian Film Academy Awards). Puncak kariernya adalah sebagai aktor antagonis terbaik di tahun 2014 saat ia bermain dalam film Haider.

Sebagai Aktor Peran Negatif Terbaik di ajang IIFA dan Aktor Pembantu Terbaik di ajang Filmfare. Karena kesuksesannya dalam film Haider, Kay Kay Menon jadi salah satu aktor spesialis penjahat terbaik saat ini yang dimiliki oleh perfilman Bollywood.

Sampai saat ini ia pun masih aktif di dunia perfilman Bollywood. Pada 2019 ia membintangi peran sebagai Govind di film bergenre thriller San' 75 Pachattar.

2. Ashutosh Rana.

aktor Bollywood langganan peran penjahat © 2020 brilio.net

foto: timesofindia.com

Selanjutnya ada Ashutosh Rana. Pria berusia 52 tahun ini berhasil mencatatkan namanya sebagai aktor jahat yang kejam pada film Dushman di tahun 1998 dan Shangharsh pada tahun berikutnya.

Kesuksesannya memerankan penjahat di 2 film tersebut mencatatkan namanya sebagai Aktor Penjahat Terbaik pada ajang penghargaan Filmfare 2 kali berturut-turut.

Beberapa filmnya seperti Aawarapan, Badal, dan Ab ke Baras juga jadi pembuktian aktingnya sebagai karakter antagonis. Karena bakat tersebut sampai saat ini ia masih terlibat dalam beberapa film Bollywood. Di tahun 2020 ini ia bermain dalam film Prithviraj sebagai Jayachandra.

3. Shakti Kapoor.

aktor Bollywood langganan peran penjahat © 2020 brilio.net

foto: rediff.com

Shakti Kapoor, ayah dari artis ternama India, Shraddha Kapoor juga merupakan langganan peran penjahat saat dekade 80 hingga 90-an. Beberapa film-filmnya seperti Himmatwala dan Hero pada tahun 1983 adalah bukti bahwa ia merupakan salah satu aktor penjahat terbaik.

Walaupun beberapa tahun belakangan ini bermain sebagai aktor komedi, tapi bagi penyuka film India, nama pria kelahiran 3 September 1952 ini tetap memiliki imej sebagai aktor spesialis penjahat.

Namun sayang, diusianya yang menginjak 67 tahun tersebut kini lebih menghabiskan masa tuanya dan jarang tampil di industri perfilman Bollywood.

4. Danny Denzongpa.

aktor Bollywood langganan peran penjahat © 2020 brilio.net

foto: indiatvnews.com

Selain itu ada juga Danny Denzongpa. Aktor kelahiran 25 Februari 1948 ini dikenal dengan perannya sebagai penjahat pada era 70-an. Sudah banyak film yang diperankan Danny Denzongpa sebagai karakter jahat.

Namun di era 80-an, ia sempat memutuskan untuk 'cuti' dari perfilman India karena bosan dengan perannya. Kembali di tahun 90-an, seakan sudah ditakdirkan sebagai karakter jahat, di film Agneepath bersama Amitabh Bachchan, Danny berperan sebagai Kancha Cheena, pembunuh Deenanath Chauhan berperan sangat baik.

Film terkenalnya saat menjadi penjahat adalah Hum pada tahun 1991 membuatnya mendapatkan penghargaan sebagai Aktor Terbaik sebagai Penjahat. Sedangkan di Krantiveer, Vijaypath, Barsaat, dan Ghatak membawa namanya masuk nominasi kategori Aktor Penjahat Terbaik.

Di usianya yang menginjak 72 tahun, Danny masih terlibat dalam beberapa film. Yang terbaru di 2019 ini adalah Manikarnika: The Queen of Jhansi. Ia berperan sebagai Ghulam Ghaus Khan.

5. Prem Chopra.

aktor Bollywood langganan peran penjahat © 2020 brilio.net

foto: hindustantimes.com

Prem Chopra juga menjadi salah satu aktor penjahat yang dimiliki perfilman Bollywood. Walaupun mengawali kariernya sejak tahun 1960, tidak seperti Amjad Khan dan Amrish Puri, ia lebih dikenal menjadi penjahat karena dialog-dialognya.

Jika Amjad Khan dan Amitabh Bachchan sebagai duet antagonis-protagonis, Prem Chopra-Rajesh Khanna juga salah satu duet antagonis-protagonis yang filmnya selalu mengundang emosi penonton.

Penyuka film Bollywood di era 90-an pastinya pernah mengenalnya. Beberapa filmnya di era tersebut seperti Raja Babu, Khiladi dan Dulhe Raja juga sukses di pasaran. Prem Chopra masuk dalam aktor Bollywood yang banyak membintangi film.

Ia telah berakting dalam 380 film selama rentang waktu lebih dari 60 tahun. Di usia 84 tahunnya ini ia juga masih terlibat dalam film Rangeela Raja (2019).  

6. Amjad Khan.

aktor Bollywood langganan peran penjahat © 2020 brilio.net

foto: thepost24.com

Amjad Khan dikenal lewat film action terbaik sepanjang masa, Sholay pada tahun 1974 saat ia berperan menjadi Gabbar Singh atau seorang penjahat ulung yang dikenal bengis dalam film tersebut.

Setelah berperan menjadi Gabbar Singh, aktor berperawakan tambun ini menjelma menjadi aktor antagonis terbaik yang dimiliki perfilman India. Beberapa filmnya seperti Laawaris, Kaalia, Mr Natwarlal ikut melambungkan namanya menjadi penjahat dalam film tersebut.

Sayangnya karier pria kelahiran 12 November 1940 ini berhenti pada 27 Juli 1992 karena terkena serangan jantung. Walaupun Amjad Khan sudah meninggal dunia, namanya selalu dikenal dengan Gabbar Singh. Bahkan aktingnya masih menjadi inspirasi aktor-aktor baru.

7. Amrish Puri.

aktor Bollywood langganan peran penjahat © 2020 brilio.net

foto: hindustantimes.com

Untuk penggemar film Bollywood biasanya sosok ini dipanggil dengan sebutan Tuan Takur. Nama aslinya Amrishlal Puri, kemudian lebih dikenal Amrish Puri. Ia merupakan salah satu aktor antagonis paling dikenal oleh penonton India maupun Indonesia.

Aktor kelahiran 22 Juni 1932 yang khas dengan suara bariton dan matanya yang melotot saat adegan marah dalam dalam film ini mulai dikenal dalam film Reshma Aur Shera pada tahun 1971. Karena kesuksesannya berperan jahat ini, Amrish Puri dipinang untuk bermain film Hollywood karya Steven Spielberg yakni Indiana Jones and The Temple of Dom pada tahun 1984.

Hingga akhir hayatnya, Amrish Puri yang meninggal pada tahun 2005 ini sudah banyak memerankan tokoh antagonis dan meraih banyak penghargaan. Beberapa film terkenalnya seperti Karan Arjun, Maidaan E-Jung, Dilwale Dulhaniya Le Jayenge, dan masih banyak lagi sukses membawanya menjadi aktor antagonis yang paling disegani.