Namun, kini Zulfani Pasha punya nasib tak segemilang prestasinya. Ikal dikabarkan ditangkap oleh Polres Belitung Timur (Beltim), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Sabtu (29/4). Dia ditangkap dengan dugaan penipuan dan kedapatan membawa senjata tajam. Bersama istrinya, kini Zulfani bersama sang istri resmi menjadi tahanan Polres Belitung Timur.

zulfani pasha ikal laskar pelangi tersangka penipuan © Instagram/@zulfani_pasha

zulfani pasha ikal laskar pelangi tersangka penipuan
© Instagram/@zulfani_pasha

Modus penipuan Zulfani dan istri adalah menggunakan aplikasi kencan daring untuk memperoleh uang. Hal ini dibeberkan Kompol Poltak via YouTube Humas Polres Belitung Timur yang ditayangkan pada 3 Mei 2023 bertajuk Polres Beltim Gelar Konferensi Pers Tindak Pidana Aktor Film Laskar Pelangi (IKAL) ZP.

Dalam pernyataannya, Zulfani dan istri melancarkan aski mereka dengan menarik target memesan jasa PA di kamar hotel. Setelah transaksi berlangsung dengan uang Rp 500 ribu, PA dan empat rekannya kabur. Saat proses pengejaran, Zulfani Pasha justru mengeluarkan senjata tajam terhadap korban penipuan.

zulfani pasha ikal laskar pelangi tersangka penipuan © Instagram/@zulfani_pasha

zulfani pasha ikal laskar pelangi tersangka penipuan
© Instagram/@zulfani_pasha

"Dilakukan pengejaran, di tengah jalan didapat, setelah diketuk pintu mobilnya, tersangka ini mengeluarkan sebilah samurai," ungkap Kompol Poltak, dikutip brilio.net pada Selasa (30/5).

Kini Zulfani dan istri mendekam di penjara untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Motif penipuan tersebut lantaran Zulfani dan istri membutuhkan biaya saat perjalanan hendak bersilaturahmi ke keluarga mereka.