Brilio.net - Hampir satu tahun, Marcell Darwin resmi menjadi seorang mualaf. Setelah memeluk Islam sejak akhir tahun lalu, Marcell pun perlahan-lahan belajar mengenai kewajiban sebagai seorang muslim. Salah satunya ibadah salat.

Rupanya, dalam proses pembelajarannya, hal-hal yang lucu dialaminya. Seperti momen salat berjamaah untuk pertama kalinya di tempat umum. Hal ini diungkapkannya melalui kanal YouTube-nya 'The Darwins'.

"Gua bener-bener pertama kali salat jamaah itu pas lagi Maghrib di Kemang Village, dulu banget. Gue nggak tau kan, jadi dia (Nabila) nggak ngasih tau gue kalo salat jamaah itu harus rapet (safnya)," ujarnya seperti dikutip brilio.net dari YouTube-nya, Jumat (26/6).

Marcell Darwin YouTube

foto: YouTube/The Darwins

Loading...

Lantaran belum tahu banyak mengenai salat berjamaah, Marcell memang sedikit merasa bingung. Ia kemudian memilih untuk memisahkan diri dari jamaah lainnya. Namun kala itu, ada jamaah lain yang justru memanggilnya untuk berdiri berdekatan.

"Jadi pada saat mau salat ya udah maksudnya ada imamnya di situ (di depan), ya karena gue merasa mualaf, gue malu karena gue belum bisa apa-apa, gue menjauh aja gitu. Tiba-tiba gue dipanggil-panggil sama orang-orang 'sini-sini'. Gue bingung dong, gue takut. 'Kenapa?' 'Sini mepet'," cerita Marcell.

Saat mengaku seorang mualaf, salah satu jamaah memberitahu kepada Marcell jika merapatkan saf adalah kesempurnaan dalam salat berjamaah. Karena tak diberi tahu istri sebelumnya, aktor 29 tahun ini merasa malu.

"Maaf saya mualaf belum ngerti apa-apa, nggak apa-apa kalian di depan aja' gue bilang gitu. 'Nggak, kalau salat emang harus mepet'. Kok Nabila enggak cerita ama gue. Jadi gue malu sendiri gara-gara dia nggak cerita sama gue," katanya sambil menahan tawa.

Marcell Darwin YouTube

foto: YouTube/The Darwins

Sambil tertawa, sang istri, Nabila Faisal menuturkan ini kali pertama Marcell salat di tempat umum. Biasanya keduanya hanya salat jamaah berdua. Marcell menjadi imam dan Nabila sebagai makmumnya. Sampai akhirnya ketika salat di tempat umum, safnya antara wanita dan pria berjauhan.

"Ya kan selama ini gue salat jamaah, dia di depan, gue di belakang kan. Kita nggak pernah salat yang rame-rame. Sampai akhirnya ya itu yang di Kemang Village, gue di tempat putri, yang di tempat cewek, Marcell di tempat cowok, kan itu udah kepisah," tuturnya.

"Terus gue udah bilang sama Marcell dari awal ama dia, 'ini biasanya kalo Maghrib gini kalian emang diimami gitu, nanti ada satu orang yang mengimami'. Lu bayangin ada berapa saf, terus (Marcell) di ujung sendiri," sambung Nabila Faisal.