Brilio.net - Melanie Subono sangat terpukul karena kehilangan anjingnya yang bernama Nina. Padahal anjing itu ia titipkan kepada Doni Herdaru, sahabatnya yang juga pecinta hewan sekaligus pendiri Animal Defender.

Namun ternyata kepercayaan Melanie Subono dikhianati. Nina sudah beberapa bulan mati, bahkan dikabarkan karena disiksa dan Melanie sama sekali tak dikasih tahu. Karena tak ada iktikad baik dari Doni, Melanie pun sudah berniat untuk membawa masalah ini ke jalur hukum disertai bukti-bukti yang ada.

Berikut kronologi lengkap perseteruan antara Melanie Subono dan Doni Herdaru yang dihimpun brilio.net dari media sosial Melanie Subono, Rabu (12/4).

1. Bulan Mei 2016, Melanie menitipkan Nina.

Melanie Subono vs Doni Herdaru © 2017 istimewa

Loading...

foto: kapanlagi.com

Mei 2016, Melanie begitu terpukul karena diterpa musibah bertubi-tubi. Dalam blognya, ia bercerita jika bulan itu ia menemukan benjolan di otaknya alias kanker. Kemudian bulan itu ia juga bercerai dengan sang suami. Anjingnya yang bernama Casper juga mati.

Tak cuma itu, hewannya yang bernama Rancid juga terkena kanker dan gagal ginjal. Sementara Melanie juga terkena musibah kecelakaan. "Dengan kejadian itu, kamu nawarin untuk 'anak-anak di gw aja dulu bntr skarang udah ada pet hotel dan minimal lebih terawasi' Aku percaya," tulis Melanie.

2. Anjing Melanie dikembalikan kecuali Nina.

Melanie Subono vs Doni Herdaru © 2017 istimewa

foto: Instagram.com/melaniesubono

Akhir September, Rancid akhirnya mati. Melanie pun ingin hewan peliharaannya dikembalikan lagi ke dirinya untuk dirawat sendiri. Semua dikembalikan oleh Doni kecuali Nina. Alasannya karena Nina memang suka berantem dengan anjing bernama Neng. Sementara Neng belum steril dan perlu dipisah dengan Nina.

3. November Doni mulai tak memberi tahu kabar Nina.

Melanie Subono vs Doni Herdaru © 2017 istimewa

foto: instagram.com/@doniherdaru

Akhir November, Doni mulai tak memberi tahu kabar Nina. Ia juga sudah tak pernah mengirimkan foto Nina yang biasa disebut Melanie sebagai anaknya sendiri.

Melanie mempertanyakan apakah Nina masih hidup dan diiyakan oleh Doni. "Habis itu mati matian janjian karna entah aku sibuk atau mas yang hilang. Janjian tapi di hari dijanjiin ga da kabar," tulis anak Adri Subono dalam blognya. Berkali-kali Melanie minta janjian tapi belum juga bisa bertemu dengan berbagai alasan.

4. Masalah customer lain membuat Melanie gusar.

Melanie Subono vs Doni Herdaru © 2017 istimewa

foto: Instagram.com/melaniesubono

Melanie mendapati fakta Doni berkasus dengan seorang customer bernama Vincy karena hewannya mati. Melanie yang saat itu ke luar kota dijanjikan bisa ketemu hari Rabu (12/4).

Tapi karena merasa was-was dan curiga, Melani yang saat itu di luar kota meminta Doni atau stafnya mengantarkan Nina ke Animal Clinic Jakarta pada Senin (10/4). Hal itu ia katakan karena selama ini Doni menyebut jika Nina masih hidup.

5. Nina mati dan Melanie menggalang dukungan bukti orang yang pernah disiksa Doni.

"Gue dapat kabar dari kennel boy yang kerja di animal defender yang dipukulin sama Doni dan segala macem, dan enggak tahan lihat apapun di sana. Dan Nina sudah meninggal beberapa bulan," kata Melanie Subono.

Nina ternyata mati karena digigit pitbull dan hanya diberi obat salep. Tiga hari kemudian Nina mati.

Tahu masalah Melanie, ternyata banyak orang yang DM Melanie via Instagram dan menyebut pernah punya pengalaman buruk dengan Doni. Melanie pun siap membawa Doni ke ranah hukum dengan bukti-bukti penyiksaan hewan dan manusia.

6. Doni Herdaru meminta maaf.

Melanie Subono vs Doni Herdaru © 2017 istimewa

foto: instagram.com/@doniherdaru

Doni Herdaru akhirnya memberikan klarifikasi dan meminta maaf kepada Melanie. Ia menyeal menunda kabar matinya Nina. "Demikian gue mau kakak gue (Melanie) ini gak mudah cemas pada anak2nya. Tanpa maksud yg lain2. Namun, pada perjalanannya jika rasa ingin menjauhkan rasa cemas dan shock ini membawa masalah, gue minta maaf tulus krn tidak bermaksud apapun, hanya mau agar tidak drop. Dan gue siap menerima konsekuensi jika gue salah untuk hal tsb," tulis Doni.