Brilio.net - Saat menonton TV kamu tentu sering menyaksikan sebuah iklan yang erat dengan figur jinnya. Orang mengenalnya dengan sebutan "Jin wani piro" karena memang demikian percakapan orang tersebut saat dalam iklan. Namun mungkin tak semua orang mengenal siapa pria yang tak pernah lepas dari peran jin dari televisi ini.

Pria tersebut memiliki nama asli Totos Rasiti, pria kelahiran Tegal, Jawa Tengah tahun 1971. Pria yang kerap dipanggil Totos ini merupakan pelawak Indonesia yang mulai dikenal masyarakat pada awal kemunculannya dalam sebuah iklan sebagai sosok tokoh jin yang muncul dengan tiba-tiba dengan berpakaian adat Jawa dengan blangkon.

Iklan yang pertama dirilis tahun 2008 tersebut diikuti versi-versi selanjutnya hingga kini telah mencapai versi ke-14. Pada versi iklan ke-10, Totos melontarkan jargon yang kemudian begitu dikenal masyarakat luas, yaitu sebuah adegan di mana kemunculan tiba-tiba sosok jin tersebut dengan memalingkan muka dan menggesekkan jari telunjuk dan ibu jari sambil berkata, "Wani piro?"

totos rasiti totos rasiti

foto: twitter.com/totos_RAsiti 

Loading...

Selain langganan membintangi iklan, Totos juga ikut bermain dalam beberapa film. Pria yang menghabiskan masa kecilnya di Tegal, Jawa Tengah ini adalah anak bungsu dari sebelas bersaudara. Memasuki SMA, penyuka sate kambing ini pindah ke Pondok Gede kemudian melanjutkan kuliah di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) jurusan teater. Hidup Totos perlahan berubah. Ia berkenalan dengan sejumlah sutradara lalu dipercaya menjadi asisten sutradara untuk film, iklan, dan video klip.

totos rasiti totos rasiti

foto: twitter.com/totos_RAsiti 

Hingga kini Totos kerap muncul di berbagai film. Beberapa di antara film yang pernah melibatkan Totos di antaranya Hi5teria, Kawin Kontrak 3, Jenderal Soedirman dan terakhir Talak 3 yang berperan sebagai kepala Kantor Urusan Agama yang jujur.