Brilio.net - Kapoor adalah nama yang tak asing lagi bagi perfilman Bollywood. Ada banyak sosok dengan nama belakang Kapoor, baik sebagai aktor, sutradara, maupun produser. Beberapa nama yang tenar antara lain Kareena Kapoor, Karisma Kapoor, Ranbir Kapoor, Anil Kapoor, Sonam Kapoor. Mereka ini datang dari jalur keturunan yang berbeda-beda. Berikut ini penjelasannya seperti dirilis brilio.net dari wikipedia, Kamis (1/12).

1. Jalur Jeetendra.

keluarga kapoor  wikipedia foto: wikipedia

Jeetendra atau Ravi Kapoor adalah aktor kelahiran 1942 yang aktif sejak tahun 1960an. Dia juga seorang produser film maupun program TV. Jeetendra adalah chairman Balaji Telefilms, Balaji Motion Pictures dan ALT Entertainment.

Dari jalurnya hadir Shobha Kapoor yang merupakan istrinya. Ada pula putranya Tusshar Kapoor sebagai aktor serta putrinya Ekta Kapoor selaku produser.

Loading...

Sepupunya Nitin Kapoor juga terjun sebagai produser. Diikuti pula oleh Jayasudha (istri Nitin) sebagai aktris serta Abhishek Kapoor (putra Nitin) sebagai aktor dan sutradara.

2. Prithviraj Kapoor.

keluarga kapoor  wikipedia foto: wikipedia

Jalur Kapoor ini adalah yang terlama dan terbesar. Bahkan mereka adalah jaringan keluarga tertua di industri perfilman. Kini sudah ada 4 generasi. Prithviraj adalah pionir teater dan perfilman India. Dia kelahiran 1906 dan aktif dalam rentang 1927–1971 ketika era film senyap. Prithviraj adalah generasi pertama.

Generasi kedua ada sang putra Raj Kapoor yang aktif sejak tahun 1930an hingga 1980an. Dua putra Prithviraj lainnya pun terjun di dunia entertainment sebagai aktor, sutradara, sekaligus produser, yaitu Shammi Kapoor dan Shashi Kapoor. Keduanya melibatkan pula istri-istri mereka, yaitu Geeta Bali dan Neila Devi (istri Shammi) dan Jennifer Kendal (istri Shashi).

Generasi ketiga lahir sekitar tahun 1940an akhir. Antara lain tiga putra Raj Kapoor yaitu Randhir Kapoor, Rishi Kapoor, Rajiv Kapoor. Ketiganya adalah aktor, sutradara, sekaligus produser. Ada pula Aditya Raj Kapoor dan Kanchan Desai (putra dan putri Shammi Kapoor). Serta tiga anak Shashi Kapoor, yaitu Kunal Kapoor, Karan Kapoor, Sanjana Kapoor. Para suami dan istri dari keturunan Kapoor ini juga turut terlibat di film dann terhitung ke dalam generasi ketiga keluarga Kapoor.

Di generasi keempat ada putri Randhir Kapoor dengan Babita, Karisma Kapoor dan Kareena Kapoor. Ada pula Ranbir Kapoor, putra Rishi Kapoor dengan Neetu Singh. Saif Ali Khan yang kini suami Kareena terhitung bagian dari generasi ini.

3. Surinder Kapoor.

keluarga kapoor  wikipedia foto: wikipedia

Surinder adalah produser film Bollywood kelahiran tahun 1925. Dia memulai karier sebagai sekretaris Geeta Bali, istri dari Shammi Kapoor. Surinder menikah dengan Nirmal Devi dan memiliki empat anak, yaitu Boney, Anil, Reena dan Sanjay. Keseluruhannya terjuan ke dunia film.

Boney Kapoor memperistri Mona Shourie selama 1983-1996. Lalu menikah lagi dengan Sridevi pada 1996 dan bertahan hingga kini. Dari Boney dengan Mona lahir Arjun Kapoor dan Anshula Kapoor. Namun hanya Arjun ynag mengikuti jejak sang ayah. Dari Boney dengan Sridevi lahir Jhanvi Kapoor dan Khushi Kapoor.

Anil Kapoor menikah dengan Sunita. Mereka dikaruniai tiga anak yaitu Sonam Kapoor, Rhea Kapoor, Harshvardhan Kapoor. Ada pula Ranveer Singh, sepupu jauh Sonam dari pihak ibu.

Suami Reena, Sandeep Marwah juga menjadi orang perfilman. Dia mendirikan Marwah Films And Video Studios sejak 1991. Putra mereka Mohit Marwah turut menjadi aktor.

Sanjay Kapoor menjadi aktor dan produser. Dia aktif sejak 1995. Sanjay menikah dengan Maheep Sandhu.