Brilio.net - Sukses di panggung hiburan Tanah Air, para selebriti kini mulai merambah dunia bisnis. Tak terkecuali sejumlah komedian Indonesia yang tengah menggeluti bisnis di industri kreatif digital. Bahkan kini mereka memutuskan membuat kantor dan memiliki banyak karyawan.

Sederet komedian tersebut ada Raditya Dika, Eko Patrio, Sule, dan lain sebagainya. Agar para pegawainya betah, para komedian tersebut mendesain kantor senyaman mungkin dan dilengkapi berbagai fasilitas menarik. Fasilitasnya banyak sekali seperti ruang kerja, ruang rapat, studio, bahkan ada yang dilengkapi rooftop sebagai tempat ibadah.

Diketahui, bisnis mereka ini umumnya membuat konten kanal YouTube masing-masing. Namun, ada pula yang memilih berbisnis bidang Production House dan melahirkan artis-artis baru.

Nah, penasaran seperti apa potret kantor para komedian yang tengah mengeluti bisnis? Simak rangkuman potretnya berikut ini yang brilio.net himpun dari berbagai sumber, Sabtu (26/6). Dijamin karyawannya betah kayak di rumah sendiri deh!

1. Raditya Dika.

potret kantor © berbagai sumber

foto: YouTube/Raditya Dika

Rumah penulis sekaligus komika Raditya Dika ini dilengkapi dengan kantor sekaligus studio miliknya. Kantor miliknya terlihat begitu nyaman memiliki banyak ruangan. Mulai dari ruang tamu, ruang rapat, pantry, hingga studio. Ruang tamunya dilengkapi sofa berwarna cokelat. Selain itu, pada ruangan rapat terdapat meja panjang dan kursi minimalis bernuansa coklat. Ruang untuk karyawannya pun terlihat sangat rapi dan nyaman.

2. Wendy Cagur.

potret kantor © berbagai sumber

foto: YouTube/Taulany TV

Tertarik geluti bisnis digital, Wendy Cagur diketahui sampai menyewa sebuah rumah untuk kantor barunya. Kantor barunya ini memiliki dua lantai. Pada lantai pertama terdapat ruang depan, ruang kerja, dan ruang penyimpanan alat menggambar. Untuk menunjang urusan editing video di YouTube miliknya, Wendy membuatkan ruangan khusus di lantai dua kantornya.

Terampil berkarya lewat seni grafiti, Wendy juga memiliki area terbuka artistik dengan dinding berhiaskan grafiti karyanya. Lokasi tersebut kerap dijadikan sebagai lokasi pembuatan konten.

3. Ruben Onsu.

potret kantor © berbagai sumber

foto: YouTube/MOP Channel

Selain aktif di panggung hiburan, komedian multitalenta Ruben Onsu juga tengah melebarkan sayap ke dunia bisnis digital untuk konten YouTubenya. Agar tetap produktif dan menjaga kualitas konten, Ruben memutuskan untuk membuat kantor baru.

Seperti kantor pada umumnya, kantor milik Ruben dipenuhi peralatan kantor seperti laptop, printer, dan berkas-berkas dokumen. Semakin nyaman, ruang kerja tersebut juga dilengkapi dispenser, pendingin ruangan, dan tempat untuk istirahat.

4. Surya Insomnia.

potret kantor © berbagai sumber

foto: YouTube/Taulany TV

Tampak dari luar kantor Surya tersebut memang menyerupai rumah tinggal. Kantor ini memiliki dua lantai. Masuk ke ruang kerja utama di lantai dua, sudah terdapat satu set meja dan kursi dan printer untuk kebutuhan administrasi. Karena bergerak di dunia kreatif, kantornya terkesan tidak kaku dan warnanya nyaman dilihat. Kantor Surya ini juga dilengkapi dengan dapur minimalis, bak rumah pribadi.

5. Eko Patrio.

potret kantor © berbagai sumber

foto: YouTube/Rans Entertainment

Tak banyak yang tahu bahwa pelawak sekaligus politisi Eko Patrio memiliki management artis bernama Ekomando Production. Kantor Ekomando Production diketahui berada di kawasan Cipinang Indah, Jakarta Timur.

Pasalnya, kantor serba kaca ini dibangun di atas tanah berukuran lebih dari 7.000 meter persegi. Pada ruang tunggu atau lobby yang luas memiliki desain kursi unik. Kantor ini juga memiliki ruang serbaguna yang kerap digunakan untuk berkumpul. Salah satu bagian menarik pada kantor ini terletak di rooftopnya yang begitu luas dan ada juga mushola.

6. Sule.

potret kantor © berbagai sumber

foto: YouTube/Ria Ricis

Kantor Sule menjadi salah satu ruangan megah yang terletak di dalam rumah mewah miliknya. Lokasinya berada di samping mushola tamu dan kolam renang. Pintu kantornya saja sudah memiliki desain antik dengan memadukan kayu serta kaca.

Bagian interior kantornya didominasi elemen kayu dan warna coklat, mulai dari lantai, dinding, furniture hingga plafon. Sebagai seniman, Sule juga menyimpan koleksi wayang golek custom, yang ia jejerkan di belakang meja kerjanya. Selain itu, pada sudut kantornya terdapat lemari kaca yang berisi penghargaan-penghargaan yang telah ia raih.