Brilio.net - Akad nikah Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono akan dilakukan di Royal Ambarrukmo, Sabtu (10/12). Selanjutnya, acara ngunduh mantu atau tasyakuran akan dilakukan di Pura Mangkunegaran Solo, Minggu (11/12).

Demi kelancaran pernikahan anak bungsu Presiden Jokowi tersebut, pedagang Pasar Gede Solo pun menggelar acara Mangayubagyo pada Selasa (6/12). Arti Mangayubagyo dalam bahasa Jawa adalah berbahagia. Sehingga acara ini diselenggarakan sebagai bentuk rasa bahagia masyarakat khususnya para pedagang di Pasar Gede, menyambut hari pernikahan Kaesang dan Erina.

Pasar Gede Solo gelar Mangayubagyo © 2022 brilio.net

foto: Brilio.net/ Ivanovich Aldino

Dalam acara tersebut pedagang melakukan umbul dongo atau berdoa supaya Kaesang dan Erina diberi kelancaran di setiap prosesi pernikahan mereka.

"Pokoknya kami mengajak semua pedagang Pasar Gede, tukang parkir, tukang becak, semuanya aja kami ajak untuk berdoa menyambut pernikahan Mas Kaesang Pangarep dan Mbak Erina Gudono. Semoga lancar berkah dan tidak ada halangan suatu apapun," jelas Nur Swarasinden, Koordinator dan juru bicara pedagang Pasar Gede, Solo.

Para pedagang menyiapkan beberapa tumpeng sebagai rasa turut berbahagia karena pernikahan Kaesang dan Erina merupakan acara pernikahan terakhir atau mantu terakhir yang digelar oleh Jokowi untuk anaknya. Diketahui Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu kakak Kaesang sudah terlebih dulu mengarungi bahtera rumah tangga.

Pasar Gede Solo gelar Mangayubagyo © 2022 brilio.net

foto: Brilio.net/ Ivanovich Aldino

"Berdoa untuk kelancaran Mas Kaesang, ikut berbahagia di sini juga Bapak Presiden mantu terakhir nanti mudah-mudahan bisa selamat bisa lancar gak ada halangan apa apa saya orang kecil ikut seneng para pedagang Pasar Gede," ujar Suharni salah satu pedagang Pasar Gede.

[crosslink_1]