Brilio.net - Berkarier sejak tahun 1958, nama Rhoma Irama masih belum memudar hingga saat ini. Sang raja dangdut beserta dengan grup musiknya, Soneta, masih eksis tampil dalam acara musik dangdut di layar kaca maupun off air. Penampilannya yang unik dan energik membuat dirinya melekat di ingatan masyarakat.

Dari dulu Rhoma Irama memiliki ciri khas yang sampai saat ini begitu melekat dengannya. Suaranya yang berat dan sesekali menggunakan kata 'Alhamdulillah' atau juga 'Terlalu' menjadi sebuah ciri khas. Penampilannya yang selalu merangkul gitar, dengan tarian yang atraktif digerakkan ke kiri dan kanan, menjadi trade mark yang selalu diingat.

gaya Rhoma Irama ditiru orang dari berbagai sumber


foto: Instagram/@rhoma_official

Maka ada banyak orang yang coba untuk menirukan gayanya. Setiap yang naik ke atas panggung dengan gitar, syal dan brewok, pasti disebut mirip dengan Rhoma Irama. Salah satu komedian yang sering mengikuti gayanya adalah Sule. Beberapa kali ia menirukan gaya Rhoma Irama sambil bernyanyi di depan kamera.

gaya Rhoma Irama ditiru orang dari berbagai sumber


foto: Instagram/@ferdinan_sule

Sule ternyata melakukan hal itu atas dasar mengidolakan Rhoma Irama. Ia mengaku sudah menikmati karya Rhoma Irama sejak masih kecil. Ia bahkan hafal dengan lagu-lagunya, bukan cuma bisa mengikuti gayanya saja.

"Saya disuguhin lagu-lagu Pak Haji dari umur 4 tahun, diracunin sama bapak saya. Makanya saya senang, sampai-sampai dulu, setiap manggung, saya selalu pakai gaya Pak Haji, makanya saya takut ketemu Pak Haji," kata Sule dilansir brilio.net dalam tayangan di YouTube Sule Channel.

gaya Rhoma Irama ditiru orang dari berbagai sumber


foto: YouTube/SULE Channel

Sule mengaku sempat khawatir menirukan gaya Rhoma Irama. Hingga pada suatu momen Sule bertemu dengan sang raja dangdut dan ia pun merasa tak enak.

"Waktu itu ketemu juga dikasih surprise. Tiba-tiba Pak Haji datang dari belakang itu saya panas dingin," ungkap Sule.

Suami Nathalie Holshcer ini lantas meminta maaf jika aksinya menirukan gaya Rhoma Irama dianggap berlebihan.

"Saya minta maaf karena pakai gayanya Pak Haji," katanya lagi.

Mengetahui Sule menirukan gayanya, Rhoma Irama mengaku tidak masalah.

"Nggak apa-apa, karena saya tahu Anda suka Rhoma, kalau nggak, nggak mungkin bikin parodi-parodi gitu, karena semua dari Allah," ujar Rhoma Irama.

gaya Rhoma Irama ditiru orang dari berbagai sumber


foto: YouTube/SULE Channel

Menurut Rhoma Irama dengan banyak yang meniru gayanya berarti banyak juga yang suka dengannya. Bagi Rhoma Irama ciri khas yang dimilikinya tersebut memang sebuah rezeki yang diberikan Tuhan.

"Ketika orang menirukan gaya Rhoma itu buat saya suatu rahmat, artinya dia suka. Nggak mungkin orang kalau nggak suka menirukan. Orang suka kepada saya lagi-lagi anugerah, rahmat. Kalau orang benci kepada saya itu cobaan," ungkapnya lebih lanjut.

Meski gaya tersebut adalah ciri khasnya, Rhoma Irama membebaskannya. Ia tidak akan menarik bayaran bagi siapa saja yang mengikuti gayanya.

"Nggak bayar royalti ya," ucap Rhoma Irama seraya tertawa.