Brilio.net - Waktu mampu mengubah apapun, tak terkecuali suara para idola kita. Suara yang merdu saat debut, ada yang kini sudah menurun kualitasnya. Atau yang suaranya pas-pasan dulu tapi seiring berjalannya waktu malah makin cetar.

Kali ini brilio.net telah himpun 6 penyanyi dari berbagai belahan dunia yang transformasi suaranya akan bikin kamu tercengang, mulai dari diva fenomenal Mariah Carey hingga Waldjinah.

Seperti apa nih perubahan suara para penyanyi ini? Yuk disimak (11/10).

1. Mariah Carey.

Penyanyi yang suaranya berubah dulu dan kini © 2017 brilio.net

Loading...

foto: YouTube/MariahCareyVEVO

Masih ingat suara merdu dan fenomenalnya Mariah saat awal-awal debut hingga awal tahun 2000an? Merdu dan bikin merinding kan? Apalagi whistle notesnya, beeeuuuuh.

Namun kini di umurnya yang hampir mencapai 50 tahun, suaranya juga makin serak dan makin berat. Kemampuannya bernyanyi juga sudah tidak sebagus dulu lagi. Hmm, seperti apa suaranya? Nih videonya:

Parah banget kan?

2. Ed Sheeran.

Penyanyi yang suaranya berubah dulu dan kini © 2017 brilio.net

foto: The Hollywood Reporter

Udah pada tau lah suaranya Ed Sheeran kayak gimana? Terlebih buat kaum milenial pasalnya lagu-lagunya ini ngehits banget di tahun 2010an ini. And darling I will be loving you 'till we're 70~

Padahal ternyata dulunya suara Ed Sheeran nggak banget lho. Langsung ke menit 1:20 kalau mau dengar suaranya.

Sheeran mengaku bahwa dia sengaja tunjukkan rekaman 'aib' ini pada banyak orang biar mereka tahu bahwa talenta atau bakat adalah suatu hal yang bisa kamu pelajari. Wah sebuah motivasi besar nih.

3. Rihanna.

Penyanyi yang suaranya berubah dulu dan kini © 2017 brilio.net

foto: Twitter/@rihanna

Siapa sangka, penyanyi fenomenal bersuara merdu yang mulai tenar sejak lagu Umbrella Ella ella e e e ini ternyata suaranya dulu nggak banget lho.

Pernah Rihanna nyanyi lagunya Mariah Carey Hero dan begini hasilnya:

Coba deh kamu bandingin Rihanna dengan Mariah Carey waktu nyanyi lagu yang sama di Jepang tahun 1996 lalu.

4. Sohyang.

Penyanyi yang suaranya berubah dulu dan kini © 2017 brilio.net

foto: Amino Apps

Dari negara Barat kini kita berpindah ke Timur. Korea punya seorang penyanyi yang menurut banyak audience sudah setara dengan diva internasional lain seperti Mariah dan Celine Dion.

Padahal dulunya Sohyang dianggap sering nyanyi tinggi yang akhirnya malah kedengaran kayak orang teriak maksa dan bukannya nyanyi. Kini, walaupun menyanyi lagu yang sama, teknik menyanyi Sohyang makin keren abis lho. Simak deh video berikut.

5. Bunga Citra Lestari (BCL).

Penyanyi yang suaranya berubah dulu dan kini © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@bclsinclair

Kita kembali ke Indonesia, siapa yang nggak tau penyanyi cantik yang bikin hati cowok berdesir ini? Kalau kamu masih ingat, saat debut albumnya, lagu Sunny (Cinta Pertama) langsung booming di kalangan anak muda. Masih ingat performnya saat nyanyi live? Ya gitu deh. Kalau kata akun Faisal Baabdullah dalam komentar di YouTube sih "ancurrrrr".

Namun akhir-akhir ini, kualitas penyanyi yang akrab disapa BCL ini melejit abis. Sering tampil live di event-event besar beberapa waktu terakhir makin mempertunjukkan kemampuan vokalnya. Seperti saat dia nyanyi lagu Cinta Sejati berikut ini.

6. Waldjinah.

Penyanyi yang suaranya berubah dulu dan kini © 2017 brilio.net

foto: kapanlagi

Bukan tidak mungkin ibu tembang Indonesia ini masuk dalam daftar ini. Wanita yang lahir di tahun 1945 ini suaranya memang sudah bagus dari dulu. Berfokus di genre keroncong, bagi para penggemar suara Waldjinah kini malah makin matang, makin klop cengkoknya.

Wah dulu sudah bagus, sekarang kalau kata Syahrini udah cetar ula laa... Yuk berkeroncong bersama dengan lagu Suwe Ora Jamu yang dinyanyikan Waldjinah berikut ini.