Brilio.net - Indonesia memang memiliki keberagaman suku dan budaya. Hingga saat ini masih banyak daerah di Indonesia yang memegang teguh adat istiadat. Salah satunya adalah Desa Adat Baduy yang terletak di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten.

Salah satu artis cantik Tanah Air, Laudya Cynthia Bella baru-baru ini tertarik berkunjung ke desa tersebut. Beruntungnya saat ini, Bella, sapaan akrabnya tengah terlibat dalam sebuah film berjudul Ambu. Film garapan sutradara Farid Dermawan yang mengangkat Suku Baduy sebagai latar dari cerita film tersebut.

Melakukan syuting di Desa Baduy ternyata menjadi pengalaman menarik untuk Bella. Pasalnya daerah Baduy merupakan daerah yang masih sangat terpencil, bahkan sinyal pun tidak ada. Namun itu menjadi hal baru buat Bella, ia mengaku selama dua minggu syuting di Baduy dirinya sama sekali tidak bosan dan tetap enjoy meskipun tanpa ponsel.

"Berasa kompak karena nggak main HP, ngabisin waktu dengan main game sama anak-anak penduduk setempat, main kartu. Menghilang dari gadget aku ngerasa lebih enak, lebih bersosialisasi," ujarnya saat ditemui awak media di konferensi pers Peluncuran Cuplikan Film dan Teaser Poster Film Ambu di Jakarta, Kamis (25/10).

Ambu © 2018 brilio.net

Tidak hanya itu, untuk wilayah Baduy Dalam, teknologi memang dilarang masuk sama sekali, bahkan listrik pun tak ada. Istri dari Engku Emran mengatakan sempat kesulitan ketika harus mengeringkan rambut tanpa pengering.

"Nggak ada listrik, nggak ada hairdryer. Padahal aku tuh kalau habis keramas pakai hijabnya pasti langsung. Cari hairdryer yang pakai baterai pun susah. Jadi setiap hari aku harus ngeringin rambut manual," katanya.

Ambu © 2018 brilio.net

Pengalaman seru lainnya yang dialami Bella adalah ketika harus bangun subuh untuk antre kamar mandi dan harus mandi saat subuh dalam keadaan dingin.

"Jam empat subuh kita sudah mengantre untuk mandi. Toilet cuma ada dua, dan dua toilet untuk semua pemain dan crew. Tapi tetap menyenangkan karena syuting kali ini bener-bener nggak berasa syuting. Pagi sampai sore aja selebihnya lebih banyak main dan makan," ungkapnya.

Dari banyak pengalaman yang ia dapat, itulah menjadi alasan dirinya menerima tawaran film ini. Karena ia mengaku sama sekali belum pernah ke Baduy dan merasa tertarik karena karya ini merupakan film pertama Indonesia yang mengangkat Suku Baduy.

"Aku tidur di rumah penduduk nggak ada tempat tidur, kita tidurnya bareng-bareng sama yang punya rumah, ini tantangan sekali. Kalau aku nggak syuting film ini, aku nggak akan pernah ke Baduy. Seneng, sekalian kerja dan mengenal budaya," tuturnya.

Sementara itu, film Ambu yang diproduksi oleh Skytree Pictures mengisahkan tentang tanggungjawab seorang ibu memastikan kepada anak-anaknya bahwa hidup di luar tradisi dan adatnya bisa baik-baik saja. Sejumlah konflik drama keluarga dihadirkan yang juga kerap terjadi dalam kehidupan sehari-hari dalam berumah tangga.

Film Ambu ini dibintangi aktris Widyawati sebagai Ambu Misnah, Laudya Cynthia Bella sebagai Fatma, Luthesa sebagai Nona, Baim Wong sebagai Nico, Endhita Wibisono sebagai Hapsa. Rencananya, film Ambu akan mulai dirilis di awal tahun 2019 mendatang.