Brilio.net - Virus corona Covid-19 kini semakin mewabah di berbagai negara, tidak terkecuali Indonesia. Pemerintah pun mengimbau masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat, selalu mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, menyemprot peralatan yang sering digunakan dengan cairan disinfektan, dan menerapkan phyisical distancing.

Kebijakan ini dilakukan tidak lain dan tidak bukan untuk mencegah penularan virus corona yang semakin meluas. Namun karena banyaknya permintaan, banyak warga yang mengeluhkan susahnya mencari cairan disinfektan.

Hal ini membuat banyak orang, termasuk selebriti, mencari alternatif lain dengan membuat sendiri di rumah. Menggunakan bahan sederhana dan mudah didapatkan, para selebriti ini pun menjelaskan tutorial pembuatan disinfektan.

Mereka mengunggah tutorial tersebut melalui media sosial pribadinya. Nah siapa saja mereka?

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber publik figur yang buat disinfektan sendiri di rumah, Senin (30/3).

Loading...

1. Ayu Dewi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Hari ini ngapain? DIY bikin disinfektan Inget ya disinfektan BUKAN hand sanitizer Sungguh ini bukan endorse, ga dibayar sama wipol bener deh Ku share step by step nya biar pada bisa bikinnya, hasil ku konsultasi sama ahlinya CARANYA: Larutkan 10 sendok makan Wipol (sendok makan yang udah ga dipake makan yaaa) ke dalam 1 liter air, agar lebih praktis tuangkan ke dalam botol spray Cara pemakaian: • Semprot ke permukaan yang sering dipegang • Diamkan 5 menit • Lalu lap sampe kering sebelum di sentuh Saran daku, pas lagi buat jauhin dari anak-anak, pas nyimpennya pun jauhin dari jangakauan anak-anak. Teruus, baca petunjuk pemakaian, dan kemanan di kemasan produknya. INGET ya,seperti halnya cairan disinfektan, pembersih lantai, toilet, dan smua peralatan buat bersih-bersih rumah, DISIMPENNYA JAUH DARI JANGKAUAN ANAK Banyak yes yang bisa dilakuin di rumah, makanya buat yang ga kerja, di rumah aja, karna banyak hal Keren yang bisa dilakuin di rumahsambil kita bantuin smua supaya virusnya ga nyebar. Kita TETEP SEHAT, tenaga medis SELALU SEHAT, pasien yg sakit CEPET SEHAT #AyuDewiStory #DiRumahAjaKeren

A post shared by Mrsayudewi (@mrsayudewi) on

Ibu dua orang anak ini membuat disinfektan menggunakan produk pembersih lantai. Videonya bukan untuk iklan atau endorse produk tersebut. Ayu Dewi membagikan tips tersebut untuk membantu masyarakat yang kesusahan mencari disinfektan.

2. Via Vallen.

Pedangdut Via Vallen membuat disinfektan untuk waktu luang di rumah. Dia membuatnya dengan referensi dari dokter dan sumber-sumper tepercaya.

3. Uya Kuya.

Uya Kuya memberikan referensi kepada masyarakat yang susah mencari cairan disinfektan. Ia memberikan cara sederhana dalam pembuatan disinfektan dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

4. Najwa Shihab.

publik figur buat disinfektan instagram

foto: Instagram/@najwashihab

Melalui Instagram-nya, Najwa Shihab membagikan cara membuat disinfetkan yang mudah di rumah. Referensi pembuatan disinfektan ini ia dapatkan dari sang adik yang merupakan seorang dokter.

Ia juga menjelaskan jika disinfektan yang telah selesai dibuat, digunakan untuk menyemprot bagian-bagian yang sering disentuh di rumah minimal 2 kali sehari.