Brilio.net - Hyaluronic acid (HA) biasanya sering kita jumpai sebagai bahan utama pada produk skincare. Hyaluronic acid (HA) sebenarnya bisa diproduksi secara alami oleh tubuh. Namun seiring bertambahnya usia manusia, produksi hyaluronic acid semakin berkurang. Tubuh yang kekurangan kadar hyaluronic acid akan menunjukkan tanda-tanda penuaan maka dari itu kamu membutuhkan asupan tambahan hyaluronic acid dari luar. Kamu bisa memperolehnya dari dalam kandunga produk skincare.

Apa itu Hyaluronic acid?

Hyaluronic acid merupakan salah satu senyawa alami yang bisa diproduksi oleh tubuh. Dilansir brilio.net dari Cosmodica, Kamis (24/2) hyaluronic acid yang diproduksi di dalam tubuh bisa ditemukan pada bagian tertentu yakni mata, kulit, dan bagian persendian. Kadar hyaluronic acid dalam tubuh mencapai 50%. Hyaluronic memiliki kinerja yang penting bagi kulit yaitu untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Bahkan hyaluronic acid ini sangat penting bagi kulit karena dapat memproduksi kolagen yang mebuat kulit tetap segar dan kenyal.

Efek samping penggunaan hyaluronic acid

Dilansir brilio.net dari Everydayheatlh, Kamis (24/2) bahwa penggunan hyaluronic acid tidak menimbulkan efek yang begitu serius pada wajah. Karena hyaluronic acid merupakan zat yang juga dihasilkan oleh tubuh secara alami. Jadi pada saat menggukan skincare dengan kandungan hyaluronic acid dan mengalami efek samping. Penyebab utamanya bukan hyaluronic acid, tetapi zat lain yang ada di dalam skincare tersebut.

Manfaat hyaluronic acid dalam skincare

Manfaat utama dari hyaluronic acid adalah untuk menjaga kulit agar tetap lembap dan terhindari dari dehidrasi. Manfaat hyaluronic acid sebagai bahan kandungan di dalam skincare tidak hanya itu saja. Masih banyak manfaat hyaluronic acid yang bisa kamu peroleh. Berikut ini sebagaimana brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/2).

1. Menjaga kekenyalan dan menyamarkan kerutan

Manfaat kandungan hyaluronic acid  Berbagai sumber

foto: Freepik/valuavity

Hyaluronic acid memiliki manfaat untuk menyamarkan garis dan kerutan yang muncul di wajah. Kerutan dan garis halus di wajah akan tampak saat kulit kamu berada dalam kondisi dehidrasi dan kering. Dehidrasi disebabkan karena asupan air yang kurang di dalam tubuh. Saat kandungan di dalam air tercukupi, kulit akan kembali lebih kenyal, lembut, serta garis dan kerutan menjadi tersamarkan. Kandungan hyaluronic acid akan bekerja secara optimal jika penggunaan skincare dengan kandungan tersebut rutin digunakan. Tidak hanya mengandalkan skincare rutin saja, tetapi harus mengimbangi dengan pola makan sehat.

2. Menjaga kelembapan kulit dan menghidrasi

Manfaat kandungan hyaluronic acid  Berbagai sumber

foto: Freepik/valuavity

Sifat dari hyaluronic acid adalah mengikat air. Maka dari itu hyaluronic acid bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit dan menghidrasi kulit dengan baik. Cara kerja hyaluronic acid yaitu dengan menarik air mulai dari tubuh lalu menghidrasi sel-sel kulit. Kemudian pada permukaan kulit hyaluronic acid menarik air dari udara untuk menjaga kelembapan kulit.

3. Membantu mengencangkan kulit

Manfaat kandungan hyaluronic acid  Berbagai sumber

foto: Freepik/racool_studio

Seiring dengan bertambahnya usia maka elastin yang di dalam kulit akan ikut menua dan mengalami kerusakan. Elastin yang mengalami kerusakan ini tidak akan kembali seperti semula. Namun hal ini bisa diatasi dengan penggunaan skincare berbahan hyaluronic acid. Hyaluronic acid tidak akan mengembalikan elastin, namun zat ini berguna untuk membantu mengencangkan kulit. Penggunaan hyaluronic acid melalui skincare dapat menjaga kelembapkan kulit sehingga secara tidak langsung zat ini membantu mengencangkan kontur wajah. Maka dari itu wajah akan tampak awet muda.

4. Kulit lebih halus

Manfaat kandungan hyaluronic acid  Berbagai sumber

foto: Freepik/racool_studio

Selain membuat kulit menjadi kencang, asam hyaluronic acid bermanfaat membuat kulit menjadi halus. Untuk mendapatkan manfaat ini kamu bisa menggunakan skincare dengan kandungan hyaluronic acid yang dikombinasikan dengan metode perawatan dermaroller. Jika rutin melakukan perawatan tersebut maka kamu akan mendapatkan kulit wajah halus.

5. Meregenerasi sel kulit pada wajah

Manfaat kandungan hyaluronic acid  Berbagai sumber

foto: Freepik/racool_studio

Manfaat hyaluronic acid bermanfat untuk meregenerasi sel kulit wajah. Proses regenerasi pada wajah sebenarnya bisa terjadi secara alami. Namun hal ini memakan waktu lama. Jadi untuk mempercepat regenerasi kulit gunakan lah produk skincare dengan kandungan hyaluronic acid. Selain meregenrasi, hyaluronic acid memberikan perlindungan ekstrak untuk kulit.

6. Menyamarkan noda bekas jerawat

Manfaat kandungan hyaluronic acid  Berbagai sumber

foto: Freepik/cookie_studio

Kandungan hyaluronic acid di dalam skincare, menjadikan skincare ampuh untuk mengatasi permasalahan wajah seperti halnya jerawat dan noda hitam. Untuk mendapatkan manfaat ini kamu bisa menggunakan serum atau masker wajah yang mempunyai kandungan hyaluronic acid di dalamnya. Jika menginginkan hasil optimal, gunakan produk skincare dengan kandungan tersebut secara rutin di pagi hari dan malam hari.

7. Meningkatkan perlindungan pada lipid barrier

Manfaat kandungan hyaluronic acid  Berbagai sumber

foto: Freepik/cookie_studio

Kulit memiliki fungsi utama untuk melindungi tubuh. Begitu juga dengan zat hyaluronic acid yang memiliki fungsi untuk melindungi kulit dengan cara meningkatkan lipid barrier. Usia yang terus bertambah membuat kinerja lipid barrier menjadi lambat. Lipid barrie melambat karena disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor utamanya itu karena gaya hidup yang tidak sehat. Kerusakan lipid barrier memberikan dampak serius bagi kulit yakni kulit mengalami bintik hitam, kering, munculnya garis halus dan kerutan.

(brl/guf)

(brl/guf)