Brilio.net - Komedian Entis Sutisna atau yang kerap dikenal sebagai Sule tentu sudah tak asing lagi bagi masyarakat Tanah Air. Beragam acara sukses ia bawakan dengan banyolan khasnya. Pria Sunda itu selalu berhasil menghasilkan gelak tawa penonton dengan lawakan yang ia buat. Tak hanya pandai dalam merangkai cerita lucu, ayah dari Rizky Febian ini juga kerap memparodikan gaya-gaya tokoh terkenal.

Bukan hal instan memang kesuksesan Sule berhasil di raih. Pria berambut pirang ini sudah mengawali karier komedinya bersama grup lawak SOS di tahun 2005. Melalui sebuah ajang pencarian bakat, kemampuan lawak Sule mampu menarik perhatian publik. Bahkan setelah ia bersolo karier, Sule juga bisa mempertahankan eksistensinya di tengah persaingan dengan komedian lain.

Usaha yang dilakukan Sule membuahkan hasil cemerlang. Tak hanya memiliki banyak penggemar, warga Cimahi ini juga sampai pernah dinobatkan sebagai komedian dengan bayaran termahal. Posisinya bersaing dengan para pelawak papan atas seperti Eko Patrio, Tukul Arwana, Komeng, Parto Patrio, dan juga mendiang Olga Syahputra yang saat itu juga berada di puncak kariernya.

Perjalanan panjang Sule mengantarkan ia meraih keberhasilannya. Bahkan ia juga sempat mencoba berbagai usaha dalam mencukupi hidup. Nah, penasaran nggak sih, seperti apa perjalanan karier Sule sejak awal hingga sekarang?

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (25/1), berikut 7 cerita perjuangan karier Sule menjadi komedian top seperti saat ini.


1. Menjadi pedagang jagung rebus dan permen karet.

foto: liputan6.com



Bukan perjalanan mudah untuk mencapai kesuksesan Sule menjadi pelawak terkenal. Sebelum terjun di layar kaca, komedian kelahiran tahun 1976 ini harus melewati kerasnya kehidupan jalanan.

Ayahnya yang seorang penjual bakso keliling, membuat Sule hidup dalam kesederhanaan. Ia juga membantu kehidupan ekonomi, dengan berjualan jagung rebus dan juga permen karet.

Ia kerap menjajakan dagangannya di beberapa tempat hiburan seperti panggung dangdut, pertunjukan wayang, dan juga pertunjukan reog.


2. Darah seni dari sang ayah.

Loading...

foto: Instagram/@ferdinan_sule



Sule merupakan anak kedua dari empat bersaudara. Kehidupan yang jauh dari kesan glamor, membuat ia harus berjuang mempertahankan hidup. Namun rupanya, dalam sela-sela kegiatannya ia kerap melontarkan kata-kata atau cerita yang dianggap lucu oleh banyak orang. Namun kala itu ia belum menyadari dengan bakat lawaknya.

Pria yang menyukai lagu-lagu Rhoma Irama ini ternyata juga mendapatkan sifat lucunya dari sang ayah yang juga memiliki sifat humoris. Ia juga sempat dididik pelawak senior Kang Ibing untuk bakat seninya.

2 dari 3 halaman




3. Mendapat penghasilan Rp 20 ribu.

foto: kapanlagi.com



Tahun 90-an menjadi bukti langkah awal Sule di dunia komedi. Meski sudah memiliki bakat lawak sejak kecil, namun bukan berarti ia langsung mendapat bayaran tinggi untuk penampilannya.

Ayah 4 anak ini harus meniti karier dengan mendapatkan bayaran Rp 20 ribu pada awal ketenarannya. Tentu bukan penghasilan yang besar, apalagi Sule tinggal di rumah kontrakan petak bersama mantan istrinya, almarhumah Lina Jubaedah. Namun pria yang lekat dengan khas rambut gondrongnya itu terus menekuni hobi melawaknya sembari berdagang.


4. Bergabung dengan SOS.

foto: liputan6.com



Sule pertama kali dikenal melalui salah satu ajang pencarian bakat komedi. Memiliki nama SOS, menjadi singkatan nama bagi para personelnya. Meniti karier bersama Ogi Suwarna dan Obin Wahyudin, grup komedi ini berhasil melewati berbagai babak dan dinobatkan sebagai juara. Bahkan keberhasilan itu juga kembali ia raih saat menjadi juara pertama di acara variety show di tahun 2005.


5. Menjajal dunia sinetron.

foto: Instagram/@ferdinan_sule



Sule juga mengembangkan kariernya dengan menggeluti dunia akting. Pada tahun 2008, ia dipercaya untuk bermain dalam sitkom 'Awas Ada Sule' di salah satu televisi swasta.

Berperan sebagai seorang asisten rumah tangga, ia memiliki karakter polos, iseng, dan penuh ide. Aktingnya juga semakin membuat penonton tertawa pecah dengan kehadiran Ery Owe, Hikmal Abrar, Hannah Al Rasyid, Maya Wulan, serta almarhum Eko DJ.

Nama Sule juga semakin melambung dengan jargon yang ia ciptakan, 'Prikitiw!', dengan senyum iseng khasnya.. Hayo, ada yang masih ingat?

3 dari 3 halaman




6. Bergabung dengan OVJ.

foto: Instagram/@ferdinan_sule



Selain menjajal dunia sinetron, Sule juga berani mengeksplor kemampuan dengan bermain film hingga membuat album. Sosok Sule juga susah dipisahkan dari perannya dalam program Opera Van Java (OVJ) beberapa tahun silam.

Bersama para pelawak senior Parto Patrio, Nunung, Andre Taulany, dan Aziz Gagap, Sule berhasil membuat program ini makin dicintai banyak orang. Acara ini bahkan termasuk dalam program yang menghasilkan rating tinggi.

Tetapi setelah ditinggal pergi sang kreator, Wishnutama di tahun 2008, Sule juga ikut hengkang dari OVJ. Sejak saat itu, Sule lebih kerap terlihat bersama dengan Andre Taulany hampir di setiap acara.


7. Menjadi pelawak dengan bayaran tertinggi.

foto: Instagram/@ferdinan_sule



Bersama dengan Andre Taulany sebagai partnernya, Sule bertahan menjadi pembawa acara talkshow di salah satu televisi swasta. Perjuangan Sule berhasil mengantarkannya menjadi komedian dengan bayaran tertinggi.

Dilansir dari kapanlagi.com, disebutkan pendapatannya bisa mencapai Rp 1 miliar setiap bulannya. Dari hasil usahanya, ia memiliki koleksi mobil mewah, kos-kosan, salon dan bisnis lainnya.

Kesuksesan Sule juga mulai diikuti anaknya Rizky Febian yang memilih untuk menjadi penyanyi. Meski begitu, keluarga Sule dipandang sebagai salah satu keluarga seniman Indonesia yang tetap sederhana.