Brilio.net - Nama Agnez Mo sebagai musisi besar di Indonesia tentu tidak diragukan lagi. Berbakat, ambisius dan tidak mudah menyerah adalah hal yang sangat menginspirasi dari wanita kelahiran 1 Juli 1986. Bukan Agnez namanya jika cepat puas dengan apa yang telah dimiliki. Berhasil menjadi diva kelas atas di Indonesia, Agnez pun kini sedang berjuang mewujudkan impiannya untuk dikenal dunia melalui karya-karya musiknya yang berkualitas.

Meski saat ini pacar Wijaya Saputra tersebut telah berhasil mengukir prestasi berkelas dunia dan mengeluarkan single internasional berjudul Coke Bottle, namun nyatanya Agnez belum sebooming yang diharapkan jika dibandingkan dengan solois perempuan dunia lainnya. Karier internasional Agnez memang masih dalam proses dan itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

BACA JUGA: 6 Benda ini tercipta khusus jombloers, kamu mau cobain?

Sebagaimana dihimpun brilio.net dari The Hollywood Reporter, Jumat (3/6), berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan seorang musisi bisa dikenal dunia saat memulai debut internasionalnya. Lalu apakah Agnez sudah memenuhi syarat tersebut? Nah kita lihat aja yuk apa yang menjadi kendala sehingga Agnez belum memukau dunia dengan debut go internasionalnya.

1. Kemampuan untuk membuat musik yang bisa diterima setiap kalangan.

Agnez Mo © 2016 brilio.net

Untuk penyanyi solo, khususnya penyanyi wanita, maka saingan Agnez sangat banyak. Sehingga untuk membuat musiknya dikenal Agnez harus bermula untuk membuat musiknya diterima semua kalangan mulai dari anak muda hingga orang tua. Sejauh ini hal itu masih sulit. Misalnya saja single Coke Bottle milik Agnez yang menggait Timbaland dengan lantunan R&B Hip Hop yang sebagian besar hanya digandrungi anak muda saja. "Jadi penyanyi dunia itu kita harus mampu menyampaikan makna dari musik yang kita buat tidak hanya untuk fans kita bahkan juga untuk mereka yang tidak suka dengan kita dan saya merasa terharu dalam setiap konser saya bisa dinikmati oleh anak kecil maupun orang dewasa" ujar Taylor Swift seperti yang dikutip dari Vogue.

2. Kemampuan menciptakan lagu sendiri.

Agnez Mo © 2016 brilio.net

Harus diakui bahwa kemampuan menciptakan lagu sendiri adalah modal utama seorang musisi. Sebagaimana disampaikan Michael Jackson dalam perbincangan bersama Hollywood Reporter, "Karier saya sebagai musisi akan segera berakhir apabila hanya mengandalkan tangan orang lain (pencipta lagu)," ujar legenda Pop dunia tersebut. Nah, lagu yang diciptakan Agnez selama kariernya ini terbilang cukup sedikit jika Agnez ingin bersaing dengan musisi dunia lainnya.

3. Penguasaan alat musik.

Agnez Mo © 2016 brilio.net

Setelah kemampuan menciptakan lagu sendiri, selanjutnya adalah kemampuan memainkan alat musik. Tampil dengan memainkan alat musik di atas panggung akan membuat seorang penyanyi semakin memesona dan hal ini yang jarang dilakukan oleh Agnez.

4. Karakter penampilan di atas panggung.

Agnez Mo © 2016 brilio.net

Lady Gaga dan Beyonce adalah sosok penyanyi solo wanita paling berkarakter di dunia. Setiap mendengar Lady Gaga akan menggelar konser pasti hal pertama yang ada dibenak penonton adalah seperti apa kostumnya. Hal itu membuktikan bahwa Lady Gaga mampu memikiat pikiran masyarakat dunia melalui penampilannya dia atas panggung. Nah selama ini Agnez memang sering tampil dengan dancer dan konstum yang unik tapi perlu lebih spesifik lagi deh.

5. Jenis musik yang dipilih dan seberapa besar saingan dalam industri tersebut.

Agnez Mo © 2016 brilio.net

Seperti yang dikatakan Adele dalam wawancaranya bersama Internasional Business Times, "Kalau saya ditanya kenapa orang bisa menerima lagu saya dengan cepat, mungkin alasan logisnya adalah belum ada musisi yang berani mengakui dalam karya mereka bahwa mereka sedang patah hati. Dan saya mengakui saya membuat lagu itu karena saya memang sedang patah hati," ujar ibu satu orang anak ini.

Apa yang dikatakan Adele ini memang sangat masuk akal sebab yang membuatnya dikenal dunia hampir sebagian besar karena lagunya yang bertemakan patah hati seperti Someone Like You yang secara terangan-terangan menyampaikan bahwa betapa sakitnya perempuan yang ditinggalkan dan harus merelakan kekasihnya bahagia. Hal ini juga bisa menjadi perhatian jika Agnez ingin memikat dunia.

Pengamat musik dunia bahkan menjuluki Adele sebagai seorang penyanyi Pop Soul yang bisa dibilang saingannya di industri musik dunia sangat kecil. Sedangkan Agnez sendiri beberapa tahun terakhir dikenal dengan genre musik R&B dan Pop. Bisa dilihat saingan untuk jenis musik itu di kancah internasional sangatlah melimpah salah satunya Taylor Swift.

6. Memiliki akun media sosial untuk mempromosikan karya secara mandiri.

Agnez Mo © 2016 brilio.net

Akun media sosial yang dimaksukkan di sini lebih khusus pada akun media sosial yang memperlihatkan karya mandiri seorang musisi misalnya saja SoundCloud atau pun Youtube. Agnez memang telah memiliki akun media sosial namun belum fokus kepada memperlihatkan karya-karya yang berhasil dibuatnya. Sebab peran medsos sendiri tidak bisa dipandang sebelah mata. Artis besar seperti Ed Sheeran, Adele bahkan musisi jazz kebanggaan Indonesia Joey Alexander dilirik dunia pertama kali melalui videonya di Youtube.

7. Bakat memang penting, tapi ketekunan adalah segalanya.

Agnez Mo © 2016 brilio.net

"Not every person has the same kinds of talents, so you discover what yours are and work with them." - Frank Gehry.

Kita tidak sedang pesimis bahwa Agnez tidak bisa go internasional, bahkan kita selalu percaya pada kemampuan dan kerja keras Agnez yang pantang menyerah. Karena membuat musik yang berkualitas memang butuh waktu yang tidak sedikit. Bahkan Lady Gaga dalam kutipan Billboard mengakui dirinya bisa saja membutuhkan waktu 1 tahun untuk menulis satu buah lagu dan itu pun tentu dialami oleh Agnez. So, kita tunggu karya Agnez yang bakal bikin kita semakin bangga padanya.