Brilio.net - Diakui atau tidak, banyak masyarakat Indonesia yang masih percaya dan melakukan ritual kepercayaan kepada para leluhur dan nenek moyang. Begitu pula dengan artis-artis Tanah Air. Beberapa publik figur masih percaya dan bahkan ada yang rutin melakukan ritual untuk tujuan tertentu. Sebut saja nama Roro Fitria yang dikenal sebagai artis yang gemar melakukan ritual-ritual kejawen.

Wanita 29 tahun ini mengaku memang melakukan ritual tapa 2-3 kali sebulan. Ia pun gemar mendatangi tempat-tempat berbau mistis. Tak jarang, artis yang kini juga menekuni dunia DJ ini memamerkan ritual yang baru saja ia lakoni. Apa saja ritualnya? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (25/9), 5 ritual mistis yang pernah dilakukan Roro Fitria.

1. Ritual buka aura.

Kepercayaan Roro Fitria akan budaya Jawa masih sangat kental. Bahkan, ia juga sering melakukan ritual-ritual kejawen. Dan salah satu ritual yang pernah Roro lakukan adalah ritual buka aura.

Dalam video yang diunggah oleh akun YouTube, KapanLagi, terlihat bagaimana proses ritual yang dilakukan Roro untuk lebih membuka aura wajahnya. Ia menyiapkan berbagai jenis bunga, dupa dan benda-benda pusaka untuk melakukan ritual. Roro kemudian terlihat memberikan hormat di depan lukisan Nyi Roro Kidul.

Loading...

2. Mandi kembang.

ritual Roro Fitria © 2017 istimewa

Bulan Juli lalu, Roro Fitria membagikan kegiatan ritualnya melalui postingan di Instagram Story miliknya. Dalam postingan yang diunggah ulang oleh akun gosip @lambenyinyir itu pun sukses mencuri perhatian netizen.

Dalam postingan tersebut, Roro melakukan ritual di dalam gua yang minim cahaya. Ia terlihat tengah berendam dalam kubangan air yang telah dipenuhi dengan taburan kelopak bunga sambil menyatukan kedua telapak tangannya bak orang yang tengah bersemedi.

3. Tidur di tanah dan tubuhnya di selimuti dengan kain jarik.

ritual Roro Fitria © 2017 istimewa

foto: Instagram/@roro.fitria1989

Dalam sebuah foto yang diunggahnya pada Jumat (9/6), Roro terlihat tidur di tanah di antara batu dan tubuhnya di selimuti dengan kain jarik. Di atas kepalanya pun terdapat seperti kendi dan bunga.

Sontak, ritual yang dilakukan Roro membuat heboh warganet. Tak hanya ritualnya yang seram, pemilihan hashtag yang dianggap tak tepat karena mengaitkan dengan agama Islam pun juga jadi perbincangan warganet.

4. Ritual malam Jumat Kliwon.

ritual Roro Fitria © 2017 istimewa

Ritual malam Jumat Kliwon tampaknya sudah menjadi rutinitas wanita pemilik nama asli Raden Roro Fitria Nur Utami ini. Sebelumnya, Roro menjalani ritual malam Jumat Kliwon dengan berbaring di dalam gua dan seluruh tubuhnya ditutup dengan kain jarik.

Selai ritual tersebut, Roro kembali menjadi perbincangan lantaran melakukan ritual malam Jumat Kliwonnya di tengah rawa-rawa. Ritual yang dilakukan pada saat HUT RI ke-72 tersebut Roro jalani dengan berendam di dalam air sementara di sekelilingnya terdapat pohon besar dengan keadaan gelap gulita. Selain itu tampak bunga-bunga sajen yang diletakkan di pinggir bebatuan. Sementara itu Roro Fitria terlihat menangkupkan kedua tangannya sambil mata terpejam seolah tengah berdoa.

5. Ritual Malam 1 Suro.

Beberapa waktu lalu, Roro Fitria kembali melakukan ritual tepat di malam 1 Suro. Satu Suro adalah hari pertama dalam kalender Jawa di bulan Sura atau Suro. Dalam postingan yang diunggah dalam akun Instagram @lambenyinyir pada Jumat (22/9) kemarin, Roro terlihat memberikan hormat di depan sebuah altar. Dia kemudian menggerakan tangan untuk melengkungkan sebuah kertas tanpa menyentuhnya. Beragam komentar berdatangan dalam postingan tersebut dan banyak warganet yang mencemooh Roro dengan sebutan tidak baik.

 

A post shared by Mak Lambe (@lambenyinyir) on