Brilio.net - Kebahagiaan tengah menyelimuti keluarga besar Presiden Joko Widodo. Pasalnya, putri keduanya yakni Kahiyang Ayu baru saja melahirkan anak keduanya pada Senin (3/8) kemarin. Cucu keempat Jokowi tersebut berjenis kelamin laki-laki dengan proses kelahiran secara caesar di Rumah Sakit YPK Mandiri, Jakarta Pusat.

Kabar bahagia kelahiran Kahiyang Ayu disampaikan langsung oleh sang suami, Bobby Nasution dalam keterangan persnya yang disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden pada Selasa (4/8).

"Alhamdulillah saya dan keluarga mengucapkan pada Allah SWT, pada tanggal 3 Agustus 2020 pukul 20.21 WIB, istri saya melahirkan anak kami yang kedua berjenis kelamin laki-laki," ungkap suami Kahiyang Ayu saat konferensi pers.

Sebelumnya, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution telah dikaruniai seorang putri bernama Sedah Mirah Nasution. Sedah lahir pada 1 Agustus 2018 di RS YPK Menteng Jakarta Pusat.

Di momen kehamilan keduanya ini, diketahui jika Kahiyang tak pernah mengunggah momen saat kehamilan. Kemudian publik dikejutkan dengan kabar kelahirannya. Hal ini tentu membuat publik penasaran dengan potret bayi laki-laki Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

Loading...

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, fakta anak kedua Kahiyang Ayu pada Rabu (5/8).

1. Berat badan capai 3 kg dan lahir secara caesar.

fakta anak kedua kahiyang © 2020 Instagram

foto: Instagram/@dierabachir

Putri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yakni Kahiyang Ayu telah melahirkan anak keduanya pada Senin (3/8). Wanita yang kerap disapa Ayang itu melahirkan di Rumah Sakit YPK Mandiri Jakarta Pusat secara caesar. Dalam konferensi pers yang disampaikan oleh suami, Bobby Nasution menjelaskan anak keduanya berjenis kelamin laki-laki. Lahir dengan berat badan 3,4 kilogram dan tinggi 49,5 sentimeter. Saat ini istri dan anaknya dalam kondisi sehat.

"Alhamdulillah sehat walafiat dengan berat badan 3,4 (kg) dan tingginya 49,5 cm," tuturnya.

Persalinan dilakukan secara caesar karena ada pertimbangan medis yang melatarinya. Dengan demikian, Kahiyang sudah dua kali menjalani persalinan secara caesar.

2. Lahir lebih cepat.

dr. Rinawati Rohsiswatmo, Sp.A (K), ikut mendampingi Bobby ketika mengumumkan kelahiran cucu keempat Jokowi. Ia mengatakan kelahiran itu lebih cepat dari perkiraan dengan ukuran bayi yang cukup besar.

"Bayi ini lahir lebih cepat melalui sesar, tapi alhamdulillah sehat," kata dr. Rina.

3. Cucu keempat Presiden Joko Widodo.

fakta anak kedua kahiyang © 2020 Instagram

foto: Instagram/@dierabachir

Kelahiran anak kedua Kahiyang ini, maka Jokowi kini mempunyai dua cucu laki-laki dan dua cucu perempuan. Dari putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka dan Selvie Ananda, Jokowi memiliki dua cucu yakni, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah. Sementara, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution sebelumnya telah dikaruniai seorang putri bernama Sedah Mirah Nasution.

4. Nama masih dirahasiakan.

fakta anak kedua kahiyang © 2020 Instagram

foto: Instagram/@ayanggkahiyang

Pasangan yang menikah 8 November 2017 ini sudah menyiapkan nama untuk putranya. Meski begitu, menantu Jokowi yakni Bobby Nasution masih enggan membocorkan nama lengkap sang anak. Ia hanya menyebut anaknya akan diberi nama belakang Nasution sesuai dengan marganya.

"Nama masih... Sudah ada sebenarnya, tapi yang mau kita kasih tahu nama belakangnya saja. Nasution. Begitu," terang Bobby.

5. Langsung mendapat ASI eksklusif.

fakta anak kedua kahiyang © 2020 Instagram

foto: Instagram/@ayanggkahiyang

Dilansir dari Liputan6.com, Kahiyang berhasil memberikan Air Susu Ibu (ASI) langsung sesaat setelah melahirkan bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut. Ia pun mendapatkan pujian dari dokter yang mendampinginya saat proses persalinan.

Dokter tersebut adalah dokter spesialis anak konsultan Rinawati Rohsiswatmo. Ia mengatakan, Kahiyang harus mendapatkan jempol karena memberikan contoh yang baik karena anak keduanya langsung mendapatkan ASI.

"Kita harus beri jempol kepada Mbak Ayang. Sejak detik pertama dilahirkan bayi ini dapat ASI. Ini sebagai contoh yang baik," ucap dr. Rina.