Brilio.net - Siapa yang tak kenal dengan grup band satu ini? Yap, band Wali. Grup yang punya penggemar bernama para Wali ini adalah grup musik asal Ciputat, Tangerang Selatan.

Grup musik ini dibentuk pada tahun 1999 silam. Anggotanya berjumlah lima orang yaitu Faank (vokal), Apoy (gitar), Tomi (drum), Ovie (keyboardist), dan Nunu (bass).

Album pertama mereka ialah Orang Bilang yang dirilis pada tahun 2008. Band ini umumnya ber-genre lokal pop kreatif total dengan sedikit sentuhan irama melayu dalam lagu-lagu mereka.

Lagu Dik yang merupakan andalan mereka dengan memasukkan unsur pop cinta, tercatat berhasil menjadi RBT (ring back tone) bagi 1 juta pemilik telepon seluler hingga pertengahan Mei 2008.

Sukses dengan album perdana, Wali merilis album keduanya yang sebagian besar diciptakan oleh Apoy, yang pernah menjadi additional guitar grup musik Netral di album Oke Deh (2001).

Loading...

Sebelumnya, Wali telah merilis lagu jagoan dari album terbarunya, Cari Jodoh. Bahkan berkat RBT single Cari Jodoh ini, Wali mendapat hadiah umroh dari labelnya, Nagaswara.

Wali pun terus mengeluarkan album-album lain. Tak terasa, band ini menghiasi belantika musik Tanah Air 21 tahun lamanya. Berikut brilio.net rangkum potret transformasi personel band Wali dari berbagai sumber, Minggu (1/11).

1. Wali merupakan grup musik asal Ciputat, Tangerang Selatan. Grup musik ini dibentuk pada tahun 1999 silam.

foto: istimewa

2. Awalnya, anggotanya berjumlah lima orang yaitu Faank (vokal), Apoy (gitar), Tomi (drum), Ovie (keyboardist), dan Nunu (bass). Namun di pertengahan tahun 2009 Nunu, sang pembetot bass menyatakan keluar.

foto: Liputan6.com

3. Personel band ini adalah lulusan pesantren dan sebagian merupakan alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

foto: KapanLagi.com

4. Album pertamanya ialah Orang Bilang yang dirilis pada 2008. Lagu-lagu band ini umumnya bergenre lokal pop kreatif total dengan sedikit sentuhan irama melayu.

foto: Liputan6.com

2 dari 2 halaman

5. Tak hanya lagu-laguya, penampilan personel Wali pun juga mencuri perhatian. Mereka sangat ikonik dengan gaya santri.

foto: KapanLagi.com

6. Setelah 21 tahun, para personelnya mengalami transformasi gaya. Mulai penampilan hingga wajah.

foto: KapanLagi.com

7. Ini dia penampilan terkini grup band Wali. Mereka kini telah menjadi bapak dari anak-anak mereka.

foto: Instagram/@bandwaliofficial

8. Tak hanya bernyanyi, Wali juga terjun ke dunia akting. Mereka bermain bersama di sinetron Amanah Wali 4.

foto: Instagram/@bandwaliofficial