Brilio.net - Buat kamu generasi yang tumbuh dewasa di era 90-an, tentu tak asing dengan sinetron bergenre drama kolosal berjudul Misteri Gunung Merapi. Ya, sinetron ini sangat populer pada masanya dengan tokoh utama Mak Lampir yang memiliki wajah menakutkan dan suara tertawa yang khas.

Sinetron ini pertama kali ditayangkan di sebuah stasiun televisi swasta Tanah Air pada Februari 1999. Saking suksesnya, sinetron Misteri Gunung Merapi bahkan telah diproduksi ulang dan tayang kembali pada tahun 2018 lalu.

Kesuksesan sinetron tersebut tentu tak bisa dilepaskan dari kontribusi para pemerannya. Tak hanya tokoh Mak Lampir, tokoh lainnya seperti Basir, Sembara, dan Lindu Aji pun tak kalah ikonik dan legendaris. Maka tak heran apabila karakter-karakter tersebut masih membekas dalam ingatan para penggemarnya hingga saat ini.

Lantas bagaimana kabar mereka setelah 20 tahun berlalu usai penayangan perdana sinetron Misteri Gunung Merapi? Sembari bernostalgia, yuk simak kabar terbaru 7 pemain sinetron Misteri Gunung Merapi yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (30/8) berikut ini.

1. Farida Pasha.

kabar pemain misteri gunung merapi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@faridapasha_id

Di balik sosok Mak Lampir yang legendaris, ada perempuan bernama Farida Pasha. Perempuan berusia 67 tahun itu banyak membintangi film dari tahun 1970-an hingga 2018 lalu. Terakhir, Farida Pasha turut membintangi film horor berjudul The Secret: Suster Ngesot Urban Legend. Di usianya yang telah senja, Farida Pasha kini lebih sering menghabiskan waktu bersama keluarganya.

2. Samsul Gondo.

kabar pemain misteri gunung merapi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@samsul_gondo

Karakter Basir dikenal sebagai sosok yang jenaka dan kocak. Ia diceritakan sebagai pengikut setia Sembara yang terkenal dengan ucapan khasnya yakni 'semelekete'. Sosok Basir tersebut diperankan oleh pria bernama Samsul Gondo. Usai membintangi Misteri Gunung Merapi, Samsul masih kerap tampil di sejumlah sinetron, antara lain Tutur Tinular, Angling Dharma, hingga terakhir ia muncul di sinetron Tukang Bubur Naik Hari The Series.

3. Rizal Djibran.

kabar pemain misteri gunung merapi © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Dalam alur cerita Misteri Gunung Merapi, Mak Lampir memiliki musuh bebuyutan bernama Lindu Aji yang diperankan oleh Rizal Djibran. Lama tak muncul di layar kaca, Rizal sempat beralhir profesi menjadi seorang DJ. Namun sayangnya, aktor tampan tersebut harus tersandung kasus narkoba pada awal tahun 2018 silam.

4. Marcellino Zhang.

kabar pemain misteri gunung merapi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@marcellinozhang

Selain Lindu Aji, karakter penting dalam sinetron Misteri Gunung Merapi ialah  Sembara yang diperankan opleh Marcellino Zhang. Dalam perjalanan kariernya, ia dikenal sebagai aktor laga. Kini, Marcellino Zhang tak lagi terlihat di layar kaca namun masih cukup aktif di media sosial.

5. Yuni Sulistiowati.

kabar pemain misteri gunung merapi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@yuni_sulistiowati

Karakter Sembara diceritakan mencintai seorang perempuan bernama Farida yang diperankan oleh Yuni Sulistiowati. Aktingnya pada saat itu sukses mencuri perhatian penonton dengan parasnya yang cantik. Di umurnya yang telah menginjak 44 tahun, Yuni tak lagi terlalu aktif di dunia hiburan. Saat ini, Yuni Sulistiowati mengubah penampilannya dengan berhijab.

6. Wulan Guritno.

kabar pemain misteri gunung merapi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@wulanguritno

Sosok Wulan Guritno tentu masih populer hingga saat ini. Dalam sinetron Misteri Gunung Merapi, Wulan Guritno memerankan karakter Pitaloka. Saat ini, Wulan Guritno masih aktif di dunia hiburan. Kini dirinya mulai merintis karier sebagai seorang produser.

7. Monica Ormardi.

kabar pemain misteri gunung merapi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@monica_oemardi

Artis cantik Monica Oemardi punya peran penting dalam sinetron Misteri Gunung Merapi, yakni sebagai Pendekar Perak atau juga dipanggil Mayangsari. Karier Monica Oemardi di dunia hiburan bisa dibilang sangat panjang. Ia telah membintangi puluhan judul sinetron, FTV, hingga film. Terbaru, ia turut membintangi film horor berjudul Pintu Merah yang rilis pada Juli 2019.