Brilio.net - Aktris cantik Joanna Alexandra pada 24 Mei 2017 lalu telah melahirkan buah hati keempatnya. Joanna melahirkan bayi berjenis kelamin perempuan secara normal di RS Asih. Bayi tersebut diberi nama Ziona Eden Alexandra Panggabean. Istri dari Raditya Oloan ini mengungkapkan bahwa Ziona dilahirkan secara prematur dengan usia kandungan 36 minggu 3 hari.

Terlahir secara prematur, Bayi Zio harus mendapatkan perawatan intensif dari pihak rumah sakit. Bayi Zio lahir dengan kondisi memiliki kelainan pada pernapasan dan kakinya. Kaki anak bungsu Joanna ini mengalami kelainan yang dikenal dengan club foot atau kelainan yang bisa membuat pertumbuhan kaki bengkok.

Bayi yang lahir dengan berat 2,6 kilogram dan panjang 45 centimeter itu pun sempat opname di NICU hingga dipindahkan ke RSIA Bunda, Menteng, Jakarta.

Si mungil sempat dibawa pulang, tapi dalam perkembangannya dia kembali dilarikan ke rumah sakit karena memiliki banyak lendir akibat penyakit paru-parunya. Bayi Zio divonis mengidap bronchiolitis atau radang bronkiolis yang disebabkan oleh virus.

Joanna pun menginginkan buah hatinya sehat dan tumbuh dengan baik. Sejak awal, ia begitu menyayangi anaknya meski memiliki kondisi yang berbeda. Seperti ibu lainnya, Joanna akan memberikan usaha maksimal untuk buah hatinya. Ia pun mendampingi dan mengasuh bayi Zio dengan sebaik mungkin.

Berikut kisah perjuangan Joanna Alexandra mengasuh buah hatinya yang idap penyakit paru-paru dihimpun dari Instagram @joannaalexandra, Jumat (19/1). Sosok wanita sekaligus ibu kuat nih!

1. Joanna Alexandra saat mengandung bayi ke-4. Usia kandungan kala itu 34 minggu.

joanna x zio © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@joannaalexandra

 

2. Joanna pun melahirkan anak ke-4 dengan kondisi bayi prematur. Ia menunjukkan potret anak keempatnya yang diberi nama Ziona Eden Alexandra Panggabean. Saat lahir, bayi Zio harus mendapat perawatan intensif dengan bantuan pernapasan dari selang oksigen.

joanna x zio © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@joannaalexandra

"Yeayyy Thank God
For our 4th child
And its another girl "Ziona Eden Alexandra Panggabean"
Lahir 24 Mei 2017, jam 10:20
Berat 2.695 kg, panjang45 cm
Persalinan normal di 36 minggu 3 hari.

Saat ini Baby Zio masih harus istirahat di ruang khusus untuk menyempurnakan fungsi pernapasannya yang masih belum 100% and the progress is awesome. Dan kaki baby Zio juga belum pada posisi yang sempurna. But we are so excited to see Gods hands work to show His love and majesty!
Mohon doanya untuk terus Tuhan bekerja dan bersatu dengan kami untuk beriman atas Tuhan yang selalu turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagi barang siapa yang mengasihiNya. Thanks all #zionaeden," Joanna mengumumkan kelahiran anak keempatnya di Instagram.

 

3. Sehari kemudian, Joanna mengabarkan bahwa kondisi buah hatinya semakin membaik. Bayi Zio telah melepas alat bantuan pernapasan Continuous Positive Airway Pressure (CPAP).

joanna x zio © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@joannaalexandra

"Babygirlllllll....my little champion! Dari semalam udah lepas CPAP and getting better and better. Semoga perkembangan hari ini terus membaik dan stabil yaa..supaya bisa lepas oksigen dan belajar nyusu langsung sama mama
Keep standing with us in prayer yaaa Ziona Eden, my heaven on earth ??#zionaeden," tulis Joanna pada 26 Mei 2017 lalu.

 

4. Setelah seminggu mendapat perawatan, bayi Zio lepas infus dan latihan mendapatkan ASI dari ibunya.

joanna x zio © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@joannaalexandra

"Hari ini my little (literally, she's little..) munchkin, baby Zio genap 1 minggu umurnya. She's growing steadily, tiap hari tambah sehat. Udah copot infus juga. Ini foto kemarin setelah percobaan pertama kali nyusu langsung ke aku. Walopun belum berhasil, tapi di percobaan kedua dan ketiga udah mauuu kok. good job Ziona. You are one step closer to coming home. Terima kasih Tuhan untuk proteksinya terhadap baby Zio, warrior princess #zionaeden," cerita bahagia Joanna pada perkembangan buah hatinya.

 

5. Bayi Zio pun diizinkan pulang oleh dokter. Meski begitu, Joanna belum bisa menyusui si bungsu karena kondisi rahang yang kecil. Joanna menceritakan bahwa Bayi Zio sempat menolak ASI langsung saat menyusui.

joanna x zio © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@joannaalexandra

"I will love you forever, baby girl, Ziona Eden, my heaven on earth ??
Ziona selama dirawat di nicu, media pemberian asip pake botol. Alhasil waktu pulang ke rumah, baby Zio bingung puting. Ditambah lagi rahang bawahnya yang kecil, jadi susah untuk latching on. Sempet sedih banget, karena Zio betul2 menolak direct breastfeeding sama aku. Tapi mommy Jo dilarang bersediiiiihhh nanti asi-nya seret. Akhirnya aku ambil keputusan untuk Exclusive Pumping (puji Tuhan didukung total sama suami dan ortu).
Untuk pemberian asip, aku pilih botol susu @drbrownsindo karena botolnya pake Internal Vent System jadi gak ada gelembung udara yg bisa bikin baby kolik, ataupun mengacaukan kandungan gizi Asi-ku. You are in safe hands (and bottle ??), baby girl. Only the best for you! #drbrownsindo #meanddrbrowns #whywearehere #drbrownsmomsreview #zionaeden," kata Joanna.

 

6. Bayi Zio tumbuh dengan baik namun kembali harus mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit.

joanna x zio © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@joannaalexandra

Putri bungsu Joanna dan Raditya Oloan ini kembali dilarikan ke rumah sakit karena gangguan pernapasan. Dokter mendiagnosa bayi Zio menderita radang bronchiol atau bronchiolitis. Penyakit ini membuat pernapasan Zio terganggu karena ada penyempitan saluran napas hingga mengeluarkan bunyi 'ngik ngik'.

joanna x zio © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@joannaalexandra

"Thankyouuu buat semuanya yang udah ngedoain supaya baby Zio cepet sembuuh ????may God bless you!!! Baby Zio sejak tadi siang dirawat karena bronchiolitis (radang di bronchiol, penyempitan saluran jadi nafas sesak dan bunyi ngik-ngik ??). Dan disuruh dokter untuk rawat karena si unyil nyusunya berkurang, bb turun, dan nafasnya retraksi. Puji Tuhaaan keadaannya membaik..walopun masih sesak. At least sudah diinfus jadi gak bakal dehidrasii ??. Karena ini penyebabnya virus, jadinya yah harus tunggu aja sembuh sendiri..sabaaar ya Zio... ntar kalo udah gak sesek, pulang yaaa ditungguin sama kakak Zoey loh..???? ---pumping using my faithful Cimiflo F1, compact bangetttt. Pake Handsfree kit juga jadi bisa sambil unyel2 si bayii yg lagi bobo ?? #zionaeden," cerita Joanna di akun Instagramnya.

 

7. Bayi Zio pun harus melakukan berbagai prosedur penyembuhan seperti fisioterapi. Tak hanya itu, Zio pun kembali dipasangkan selang untuk membantu pernapasannya.

joanna x zio © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@joannaalexandra

"Selamat pagi semuanya! Kata dokter kemarin malam, keadaan Zio sudah membaik... tetep harus inhalasi terus dan fisioterapi untuk membantu keluarin lendir/dahak yang di dada.. Pake oksigen supaya gak capek kalo nafasnya sesek... semua comment ig dan dm pada doain Zio cepet sembuuuh, makasih banyak yaaa teman2.. I and @radityaoloan are super blessed! I know that God is working his wonders over Zio..
Unyiiiilllll sayangku cepet sembuuuuh..," cerita Joanna.

 

8. Selain melakukan terapi rutin, Bayi Zio juga harus memakai selang NGT untuk membantu pernapasannya.

joanna x zio © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@joannaalexandra

"No words can describe how much I love you and how much I am proud of you.. Zio si cimit yang udah ngajarin mama buanyaakk hal.. Love you Ziona my unyil... with God we are more than conquerors!
---baby Zio baru pasang NGT beberapa hari yang lalu, karena ada silent aspiration. Ayo cemangatt zio, terapi terusss biar cepet kuat otot lehernya yah."

 

9. Rutin melakukan pengobatan dan terapi, kondisi Zio semakin membaik.

joanna x zio © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@joannaalexandra

"Saat mommy pengen foto, tapi Zio asiiik ngeliatin fish di depannya.
Sore tadi jadwalnya Zio kontrol ke dokter rehab medik..setelah 2 minggu ini terapi secara intensif, 3x seminggu dan di rumah juga latihan terus, seneng banget tadi kata dokter Luh "Kereeen perkembangannya Zio..” ?????? semoga dalam 2 bulan bisa mencapai target yaitu leher semakin kuat dan #Laryngomalacia membaik daaaan copot NGT..so proud of you sayang, walopun suka kesel pas beberapa gerakan tapi terus semangat olahraga yaa Zionana??????????? #strongbaby #imwithyoualltheway #zionaeden #ngtbaby #preciousbaby ??by daddy @radityaoloan"

 

10. Joanna tampak tegar dan kuat dalam merawat buah hatinya. Ia merasa selalu bahagia dan takjub dengan perkembangan anak bungsunya.

joanna x zio © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@joannaalexandra

"Setiap hari mama excited nunggu lihat perkembangan baru kamu Zioooo, akhirnya kmrn pas umur 5 bulan, beratnya sampe juga di 6kg..lalu sekarang kalo digendong berdiri, kepalanya sudah mau tegak... good job sayang, kamu anak hebat!" cerita Joanna.

 

11. Joanna tak sengaja bertemu dengan Asri Welas dan bayi Gibran. Tak sedikit warganet yang memberikan predikat ibu hebat pada Joanna dan Asri Welas.

joanna x zio © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@joannaalexandra

"Kalian ibu yg paling hebat...buat dede zioo n gibran cepet sembuh semoga..allah angkat penyakit dede zioo...n gibran dan sehat..aminnnnn," ungkap salah satu warganet.

 

12. Joanna menemani bayi Zio terapi penyembuhan.

joanna x zio © 2018 brilio.net

joanna x zio © 2018 brilio.net foto: Instagram/@joannaalexandra

"Aduuuh enaknyaa..baby Zio. tadi sore itu jadwalnya Zio di-suction lendirnya..akhirnya karena saran seorang teman, dilakukan chest-physio dulu deh di @sasanabundaneuro ?? pertama di-inhalasi dulu trus di sinar pake IR, abis itu massage deh (ini dia yg bikin mama ngiri??) nyahahahha... jadinya lendirnya gampang keluar ?? Thankyouu so much mbak Saras dan @sasanabundaneuro sudah membantuuu.. #zionaeden"
13."

 

13. Dukungan orang terkasih dan keluarga. Bayi Zio merayakan natal pertamanya bersama keluarga.

joanna x zio © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@joannaalexandra

 

14. Joanna mengabadikan momen saat bayi Zio ganti selang NGT.

joanna x zio © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@joannaalexandra

 

15. Kini bayi Zio telah menginjak usia 8 bulan dan siap untuk MPASI. Sehat terus Zio!

joanna x zio © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@joannaalexandra

"Update Zionanananana.. bulan januari ini banyak achievement untuk si embul. Beberapa hari lagi umurnya 8 bulan..dan puji Tuhan akhirnya Ziona bisa tengkurep dan balik sendiri. Terharuuu banget loh...setelah 4 bulan rutin fisioterapi...dan juga neck-controlnya sudah tambah baik, dan menurut dokternya.. tadaaaa.. Zio boleh coba untuk mulai MPASI ??????????????huuuuhhu... senangnya bukan maiiin. Walaupun mulai mpasi tapi banyak syaratnya sih karena lehernya belum 100% tegak, jadi harus cari kursi makan yang pas posisinya dan bisa support lehernya Zio jugaa. Mama deg2an dan super excited..semoga semua berjalan lancar yaaah..good job Ziona! Naik kelaaaaasss."