Brilio.net - Di dunia keuangan dan investasi pasti tidak asing lagi dengan istilah ROI. Secara sederhana, ROI merupakan laba atau tingkat keuntungan dari sebuah investasi. ROI atau return on investment adalah rasio penting dalam dunia investasi.

Sebab, dengan mengetahui dan memahami rumus ROI, kamu bisa mengukur seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh dalam suatu investasi. Hal ini penting ketika kamu ingin mulai belajar investasi.

Supaya kamu lebih memahami tentang cara mengukur keuntungan investasi, berikut brilio.net sajikan penjelasan lengkap tentang rumus ROI lengkap dengan pengertian, fungsi, dan cara menghitung. Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (27/10).

Definisi ROI atau return on investment.

Rumus ROI © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

ROI atau Return on Investment adalah sebuah rasio yang mengukur efektivitas dan efisiensi suatu bisnis, produk, atau proyek dalam menghasilkan keuntungan dari investasi yang dikeluarkan. ROI menunjukkan persentase laba bersih yang diperoleh dari total jumlah aset yang diinvestasikan. ROI dapat membantu dalam pengambilan keputusan investasi, karena ROI menunjukkan seberapa besar pengembalian yang dapat diperoleh dari modal yang diinvestasikan.

Berikut adalah beberapa definisi ROI menurut para ahli:

- Menurut Munawir (2007), ROI adalah bentuk rasio profitabilitas yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dari keseluruhan dana pada aktiva yang digunakan untuk operasional perusahaan.

- Menurut Sutrisno (2001), ROI adalah suatu ukuran kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan yang digunakan untuk menutup investasi yang telah dikeluarkan.

- Menurut Suad Husnan dan Enny Pudjiastuti (2004), ROI adalah rasio yang dapat menunjukkan banyaknya laba bersih yang diperoleh perusahaan dari seluruh kekayaan yang perusahaan miliki.

- Menurut Susan Irawati (2006), ROI merupakan cara untuk mengukur laba bersih yang didapat dari semua kekayaan perusahaan.

- Menurut Sofyan Syafri Harahap (2007), ROI merupakan rasio yang dapat menunjukkan persenan laba bersih yang diperoleh bila diukur dari modal pemilik.

Rumus untuk menghitung ROI adalah sebagai berikut:

ROI = Laba Bersih / Investasi x 100%

Di mana:

- Laba Bersih adalah selisih antara pendapatan dan biaya total

- Investasi adalah jumlah uang yang dikeluarkan untuk memulai atau mengembangkan bisnis, produk, atau proyek.