Brilio.net - Pemerintah sampai saat ini terus berupaya melakukan vaksinasi di seluruh Indonesia. Tujuannya agar tercipta kekebalan komunal untuk melawan persebaran Covid-19. 

Namun data Kementerian Kesehatan per 31 Juli 2021 pukul 18.00 WIB menyebutkan, jumlah masyarakat yang sudah divaksinasi dosis kedua mencapai 20.534.823 orang atau 9,86%. Sementara jumlah masyarakat yang sudah disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama yakni sebanyak 47.226.514 orang atau 22,68%. Padahal pemerintah menargetkan, 70% dari total penduduk Indonesia sudah menerima vaksin pada akhir 2021.

Tentu saja bukan pekerjaan mudah untuk mencapai target tersebut. Karena itu dibutuhkan peran serta semua pihak. Alasan inilah yang membuat Polda Metro Jaya bekerjasama dengan Alodokter mengajak tenaga kesehatan menjadi relawan medis pada program Gerakan Vaksinasi Merdeka yang akan digelar secara serentak mulai 1—17 Agustus 2021. Proses vaksinasi akan diselenggarakan di 900 RW yang tersebar di wilayah DKI Jakarta.

Vaksinasi Merdeka © 2021 brilio.net

Nah sebelum melakukan tugasnya selama periode Gerakan Vaksinasi Merdeka tersebut sejumlah relawan medis yang terdiri dari dokter umum, dokter gigi, perawat, bidan terlebih dahulu mengikuti pelatihan dan rapat teknis pada 28-31 Juli 2021.

“Mari kita bersatu mendukung program percepatan vaksinasi. Kami ingin memberikan apresiasi setinggi-tingginya untuk seluruh tenaga medis yang tengah berjuang, dan kami juga berterimakasih kepada seluruh relawan medis yang membantu berjalannya program ini. Masih banyak masyarakat yang membutuhkan vaksin untuk dapat meminimalisir terpapar virus Covid-19. Ini saatnya kita untuk turut andil, karena kalau bukan kita siapa lagi?” ujar Co- Founder dan Director Alodokter, Suci Arumsari.

Sementara Irjen Pol Mohammad Fadil Imran selaku Kepala Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya (Kapolda Metro Jaya) mengatakan, pemberian vaksin ini sangatlah penting.

Vaksinasi Merdeka © 2021 brilio.net

“Bukan hanya untuk melindungi masyarakat dari virus Covid-19, tetapi juga memulihkan kondisi sosial dan ekonomi negara dan masyarakat yang terkena dampak pandemi. Nyok kite vaksin di gerai vaksinasi merdeka!,” ujarnya.

Polda Metro Jaya mendukung penuh dalam pelaksanaan kegiatan ini dengan menyediakan berbagai kebutuhan dan perlengkapan yang dibutuhkan. Dengan dukungan dari tenaga medis dan seluruh lapisan masyarakat, Alodokter bersama Polda Metro Jaya optimistis program ini dapat berjalan dengan lancar serta banyak orang dapat terbantu untuk menerima vaksin sebagai usaha mengatasi pandemi Covid-19.