Brilio.net - Vaksinasi pada anak saat ini terus digalakkan untuk menekan penyebaran Covid-19. Baik pemerintah pusat maupun daerah, terus mengupayakan pelaksanaan vaksinasi pada anak semakin merata di seluruh Indonesia. 

Langkah ini pula yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Rembang, Jawa Tengah yang berkolaborasi bersama Susu MilkLife dengan meluncurkan program vaksinasi bagi anak usia 6 hingga 11 tahun.

Vaksinasi ini bertujuan guna mempercepat terbentuknya kekebalan komunal di tengah masyarakat serta mendukung proses pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah-sekolah. Menurut Wakil Bupati Rembang Mochamad Hanies Cholil Barro, kolaborasi lintas instansi dan elemen masyarakat membuat capaian vaksinasi di Rembang berada di atas anjuran pemerintah pusat.

Vaksinasi Anak © 2022 brilio.net

Saat ini capaian vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Rembang mencapai lebih dari 80%. Sementara, warga yang telah mendapat vaksinasi dosis kedua berada di angka 49%. Raihan tersebut membuat Pemkab Rembang optimistis memasang target tinggi dalam program vaksinasi anak yakni 57 ribu siswa yang berasal dari 422 sekolah dan tersebar di 14 kecamatan.

“Kolaborasi dari berbagai pihak termasuk pihak swasta seperti Susu MilkLife dan Djarum Foundation serta berbagai elemen masyarakat tentunya diperlukan agar program dapat berjalan sukses. Semoga kerja gotong royong ini sesegera mungkin mencapai target sehingga dapat melindungi anak-anak dari bahaya Covid-19,” ujar Hanies.

Saat ini Pemkab Rembang menargetkan 100% anak dapat menerima vaksin dosis pertama pada awal Februari 2022 sehingga para orangtua merasa anaknya lebih terlindungi ketika mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah.

Vaksinasi Anak © 2022 brilio.net

“Program vaksinasi bagi anak ini menjadi upaya penting guna menjaga dan memastikan anak-anak selalu sehat dan terhindar dari acaman penyakit, khususnya Covid-19. Untuk itu, kegiatan vaksinasi anak ini memang harus dilakukan secara bersama-sama oleh semua pihak baik dari sektor pemerintah maupun sektor swasta,” ungkap Direktur Marketing PT Global Dairi Alami, Soegiono.

Program vaksinasi anak usia 6 -11 tahun dimulai pada 17 Januari hingga 18 Februari 2022 untuk dosis pertama. Sementara dosis kedua akan diberikan dalam rentang waktu 21 Februari hingga 25 Maret mendatang. Program ini menggunakan vaksin Sinovac yang berasal dari Dinas Kesehatan Rembang, Polres Rembang dan juga Kodim Rembang.