Brilio.net - Di masa pandemi Covid-19 saat ini, berbagai aspek yang menyangkut kesehatan menjadi sangat penting. Masih ingat bagaimana masyarakat kesulitan mengisi tabung oksigen medis karena tingginya permintaan sementara pasokan terbatas.

Sebenarnya, bukan hanya oksigen saja yang diubutuhkan saat ini. Ketersediaan darah juga sangat penting. Kendati pemerintah mengandalkan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk mereka yang membutuhkan, tapi tak jarang masyarakat juga kesulitan ketika stok darah apalagi untuk golongan darah tertentu sangat terbatas di PMI.

Nah selama ini masyarakat juga sering mengandalkan Blood for Life Indonesia (Blood4LifeID), komunitas nirlaba yang mempermudah masyarakat mendonorkan darah, sekaligus mendapatkan donor darah.  Komunitas sosial ini pun sejak 2009 aktif mencari dan melayani pendonor, guna menjaga ketersediaan pasokan darah di Palang Merah Indonesia dan Bank Darah milik Rumah Sakit.

Komunitas sosial yang dimotori sekitar 50 relawan dan tersebar di seluruh Indonesia serta bergerak secara mandiri, selama ini menerima banyak permintaan untuk memenuhi kebutuhan pendonor darah. Juli lalu misalnya, permintaan bantuan donor darah yang masuk ke Blood4LifeID mencapai puncaknya hingga 230 permintaan dalam sehari. Hingga saat ini pun permintaan masih cukup tinggi, dengan rata-rata sekitar 100-an permintaan donor yang masuk.

Smartfren Blood © 2021 brilio.net blood4life.id

Valencia M Randa, Founder Blood4LifeID menjelaskan pergerakan Blood4LifeID selama ini kebanyakan dilakukan secara online. “Para relawan tim IGD Virtual Blood4Life.ID banyak mengandalkan media sosial dan website Blood4LifeID  yang saat ini tersebar di berbagai kota di Indonesia. Mereka sangat bergantung dengan koneksi internet dikota mereka masing-masing,” ujar Valencia.

Fakta inilah yang membuat operator selular Smartfren menginisiasi gerakan sosial dengan mendukung Blood4LifeID untuk meningkatkan jangkauan pencarian donor dan ketersediaan darah atau plasma darah yang sangat dibutuhkan dalam prosedur kesehatan terkait Covid-19 maupun non-Covid-19.

Melalui Smartfren Community yang hadir di lebih dari 100 kota di Indonesia, Smartfren mengajak anggotanya untuk turut menjadi pendonor, sekaligus membantu Blood4LifeID dalam mendapatkan pendonor darah atau plasma darah. Selain itu, Smartfren juga memberikan dukungan tambahan berupa kartu perdana Gokil Max serta paket data kepada seluruh relawan Blood4Life Indonesia, agar memudahkan berkomunikasi secara online.

“Gerakan sosial Smartfren Community dengan Blood for Life Indonesia ini adalah bagian dari semangat kokreasi untuk sama-sama mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Dengan bergerak bersama-sama seperti ini, kami yakin akan bisa menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia yang membutuhkan,” papar Chief Brand Officer Smartfren, Roberto Saputra.

Smartfren Blood © 2021 brilio.net Valencia M Randa, Founder Blood4LifeID (dok.Smartfren)

Oh iya, untuk proses memperoleh donor maupun menjadi pendonor juga sangat mudah. Cukup mendaftarkan diri melalui website www.donordarah.link lalu pilih menu Isi Form Butuh Pendonor Darah. Nah buat kamu yang ingin menjadi pendonor dan mencari penerima, dapat menggunakan link website serupa, memilih menu Cari Pasien Butuh Donor, dan selanjutnya dapat mencari pendonor berdasarkan Golongan Darah, Jenis Donor, dan Kota Domisili.

Lewat inisiatif ini, Smartfren, Smartfren Community, dan Blood4LifeID juga mengajak semua orang untuk bersama-sama bergerak saling bantu. Terutama para penyintas Covid-19, untuk mendonorkan plasma yang hingga saat ini diperlukan untuk mendukung kesembuhan penderita Covid-19. Yuk dukung gerakan kemanusiaan ini!