Brilio.net - Jadi anak muda nggak boleh melempem. Mereka mesti memiliki pola pikir berkembang (growth mindset) agar mampu bertahan di tengah kompleksnya permasalahan di masa mendatang. Pandangan inilah yang diungkapkan Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation Galuh Paskamagma pada pelatihan Leadership Development Beswan Djarum 2021/2022 dalam materi Gritty Leadership.

Pada pelatihan yang digelar secara daring dan diikuti 520 mahasiswa Beswan Djarum (penerima program Djarum Beasiswa Plus) angkatan 2021/2022 dari 90 universitas di Tanah Air ini, Galuh menekankan pentingnya anak muda memiliki growth mindset untuk meraih sukses.    

Djarum Beasiswa © 2022 brilio.net Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation Galuh Paskamagma

Berbeda dengan fixed mindset yang hanya bertumpu pada kemampuan dasar dan bakat semata, growth mindset justru mampu membuat seseorang lebih berkembang karena senantiasa menambah wawasan dan mau menerima saran serta kritikan dari orang lain.

“Orang dengan fixed mindset cenderung merasa gagal ketika dikritik serta tidak mau menerima masukan dan perubahan. Sementara orang dengan growth mindset justru akan lebih tanggap terhadap perubahan dan permasalahan di sekitarnya. Mereka akan lebih tangguh karena mereka mampu mengatasi berbagai tantangan dan permasalahan yang lebih kompleks,” tutur Galuh.

Karena itu anak muda harus mampu mengembangkan growth mindset supaya tidak mudah menyerah dan terus berusaha meraih target. Salah satu cara menumbuhkan sikap ini ialah dengan menumbuhkan jiwa gritty leadership. “Seseorang yang memiliki grit akan terus berusaha dan bekerja keras demi mencapai goalsnya meski banyak hambatan dan kesulitan,” ucap Galuh.

Djarum Beasiswa © 2022 brilio.net

Pelatihan Leadership Development merupakan satu dari beberapa pelatihan soft skills yang diberikan kepada para penerima program Djarum Beasiswa Plus. Pelatihan ini meliputi Nation Building, Character Building, Competition Challenges, serta International Exposure.

Tidak hanya berhenti sampai di sini, melalui program Community Empowerement, Beswan Djarum juga diberikan kesempatan menerapkan berbagai pelatihan soft skills yang telah diperoleh dengan melibatkan diri secara langsung dalam memberikan jalan keluar pada suatu permasalahan sosial di lingkungan tempat mereka berada.

Sejalan dengan pembekalan soft skills bagi Beswan Djarum, Bakti Pendidikan Djarum Foundation juga akan membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk bergabung sebagai Beswan Djarum angkatan 2022/2023. Pendaftaran bisa dilakukan secara online di www.djarumbeasiswaplus.org sejak 21 Maret 2022.