Brilio.net - Setiap orang pasti mendambakan hunian yang layak dan nyaman. Hanya saja tidak semua impian itu bisa diwujudkan. Faktor ekonomi kerap kali menjadi penyebab seseorang tidak dapat memiliki rumah yang layak huni. 

Kondisi inilah yang membuat PT Djarum tergerak menjalankan program renovasi rumah warga. Baru-baru ini bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kudus, Djarum merenovasi 10 rumah keluarga tidak mampu di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Untuk menjalankan program ini, Djarum menggelontorkan Rp 500 juta untuk 10 rumah yang diperbaiki. Masing-masing bantuan renovasi setiap rumah berkisar Rp 38 juta hingga Rp 52 juta. Program ini melibatkan warga sekitar untuk berperan serta membangun rumah tetangga penerima bantuan.

Deputi GM Corporate Communications PT Djarum Achmad Budiharto mengatakan, program ini merupakan komitmen Djarum mendukung program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan menaikkan taraf hidup masyarakat. Sebelumnya, program serupa dijalankan di Pemalang, Jawa Tengah.

“Program ini sebagai upaya kami dalam pengentasan kemiskinan ekstrem agar masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan memiliki rumah yang layak huni, khususnya kepada masyarakat Kota Kretek,” ujar Budiharto.

Perhatikan tiga aspek

Renovasi Rumah ala Djarum  © 2022 brilio.net (Kiri-Kanan) Ketua DPRD Kudus Mas'an, S.E., Deputi GM Corporate Communications PT Djarum Achmad Budiharto, Bupati Kudus HM Hartopo, penerima bantuan Kusnandar.

Renovasi ini memerhatikan tiga aspek seperti sehat, aman, dan layak. Dari sisi kesehatan, renovasi melingkupi perbaikan terhadap sanitasi air kotor, pencahayaan serta memastikan udara tersirkulasi dengan baik.

Sementara itu, rumah yang direnovasi juga dibangun dengan konstruksi yang kuat dan kokoh sehingga dapat menjadi tempat bernaung yang aman bagi seluruh keluarga.

“Sebagai tempat bernaung, rumah layak huni merupakan aspek penting dalam menjaga dan meningkatkan kualitas hidup manusia. Semoga ini bisa membuahkan perbaikan ekonomi bagi keluarga tersebut,” lanjut Budiharto.

Bupati Kudus, HM Hartopo mengapresiasi langkah nyata yang dilakukan Djarum terhadap upaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Kudus. Salah satunya dengan memberikan hunian yang sehat, aman, dan layak bagi masyarakat.

“Rumah yang layak huni adalah salah satu elemen dasar dalam mengentaskan kemiskinan. Diharapkan, dengan adanya rumah yang lebih baik, taraf hidup dan kesejahteraan para penerima bantuan dapat semakin meningkat,” ujar Hartopo.

Salah satu penerima bantuan Kusnandar, warga Desa Setrokalangan Kecamatan Kaliwungu, Kudus mengatakan keluarganya sangat terbantu. Kini, tempat tinggalnya menjadi lebih layak huni.

“Saya sekeluarga sangat senang dan tidak menyangka rumah kami yang semula seadanya sekarang menjadi terlihat sangat berbeda dan nyaman ditempati,” ujarnya.