Brilio.net - Saat ini sejumlah wilayah di Indonesia mulai menunjukkan tren positif terhadap pengendalian persebaran Covid-19. Hal ini tak lepas dari peran seluruh elemen masyarakat yang semakin sadar dalam menerapkan protokol kesehatan. Selain itu pemerintah pun tak henti-hentinya menerapkan berbagai kebijakan untuk menekan angka persebaran, misalnya melalui pembatasan kegiatan masyarakat. 

Tentu saja, tren positif ini harus terus dijaga. Masyarakat diminta tidak kendor untuk terus menjalankan protokol kesehatan dan membatasi kegiatan di luar rumah jika dirasa tidak terlalu mendesak. Selain menurunkan angka persebaran Covid-19, langkah ini juga untuk mengantisipasi munculnya varian baru seperti pada Juli lalu di mana lonjakan kasus sangat drastis dan banyak menimbulkan korban jiwa. 

Hal ini pula yang menjadi perhatian Djarum Foundation. Belum lama ini Djarum Foundation mendonasikan 1000 unit konsentrator oksigen melalui Kementerian Perindustrian RI serta sejumlah rumah sakit di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, belum lama ini.

Djarum Foundation Donasikan Oksigen © 2021 brilio.net

Konsentrator oksigen merupakan alat yang mampu menyaring udara menjadi oksigen murni terkonsentrasi berkadar lebih dari 90 persen. Alat ini dilengkapi penyaring khusus dan regulator yang berfungsi mengatur laju oksigen sebelum dihirup pasien melalui kanula hidung atau masker khusus.

Konsentrator oksigen dapat digunakan bagi pasien Covid-19 yang memiliki penurunan saturasi oksigen di dalam darah pada kisaran 94 hingga 90 persen. Djarum Foundation mendonasikan konsentrator oksigen yang memiliki kemampuan memproduksi 10 liter oksigen per menit. 

Antisipasi munculnya varian baru

Djarum Foundation Donasikan Oksigen © 2021 brilio.net

Bantuan ini guna mengantisipasi munculnya varian baru Covid-19 yang dapat mengakibatkan lonjakan kasus dan kebutuhan oksigen meningkat seperti yang terjadi beberapa bulan lalu.

Sebagaimana diketahui, Indonesia sempat mengalami gelombang kedua Covid-19 sejak akhir Juni 2021 yang ditandai dengan melonjaknya kasus harian Covid-19. Seiring dengan hal tersebut, kebutuhan terhadap oksigen juga meroket yang pada akhirnya menimbulkan kelangkaan di tengah masyarakat.

Meski kini kasus harian Covid-19 sudah mengalami penurunan, langkah antisipasi sepatutnya tetap dilakukan agar kejadian serupa tidak terulang di masa mendatang. Hal inilah yang menjadi dasar Djarum Foundation dalam menyalurkan bantuan berbentuk konsentrator oksigen.

Bantuan tersebut diserahkan langsung Vice Program Director Bakti Sosial Djarum Foundation, Achmad Budiharto kepada Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian RI, Putu Juli Ardika di Semarang, Jawa Tengah, belum lama ini.

“Sebagai sebuah korporasi yang berada dalam naungan Kementerian Perindustrian RI, kami berkomitmen turut terlibat dalam program penanggulangan pandemi Covid-19 yang terus menjadi perhatian serius. Kami berharap, donasi konsentrator oksigen ini dapat mengantisipasi bilamana lonjakan pasien Covid-19 terjadi kembali. Tapi tentunya mari sama-sama kita berdoa semoga lonjakan kasus tidak terjadi lagi dan Indonesia segera keluar dari pandemi,” harap Budiharto.

Alternatif terapi oksigen praktis

Djarum Foundation Donasikan Oksigen © 2021 brilio.net

Diungkapkan Budiharto, saat ini, konsentrator oksigen menjadi alternatif terapi oksigen yang digunakan masyarakat. Alat ini menjadi populer karena mudah dibawa, memiliki bobot yang lebih ringan dan tidak perlu melakukan isi ulang oksigen seperti layaknya tabung oksigen konvensional. Selain untuk pasien Covid-19, konsentrator oksigen dapat digunakan bagi pasien lain yang menderita penyakit di bagian penapasan dan penurunan saturasi oksigen di dalam darah.

Dari 1000 unit konsentrator oksigen yang didonasikan, 100 unit diserahkan kepada Kementerian Perindustrian RI dan 900 unit lainnya didistribusikan ke sejumlah rumah sakit di wilayah Jawa Tengah dan DIY.

“Donasi konsentrator oksigen Djarum Foundation ini merupakan langkah positif dan bentuk kerjasama yang baik antara Kemenperin dan sektor industri. Kepedulian ini memberikan makna bahwa industri dalam negeri tidak hanya sebagai penggerak roda perekonomian tapi juga berbagi beban di kala negara sedang dalam kondisi sulit. Semoga bantuan ini dapat memenuhi kebutuhan oksigen bagi para pasien Covid-19,” ungkap Putu.

Donasi konsentrator oksigen ini merupakan kelanjutan rangkaian bantuan dari Djarum Foundation sejak April 2020 guna membantu menanggulangi pandemi Covid-19 di Tanah Air. Beberapa bantuan yang telah diberikan ke berbagai rumah sakit untuk membantu mempercepat pemulihan pasien saat terjadi lonjakan kasus diantaranya alat terapi oksigen High Flow Nasal Cannula (HFNC), hospital bed, air purifier, hingga ventilator.

Djarum Foundation Donasikan Oksigen © 2021 brilio.net

Djarum Foundation juga memberikan perlengkapan kesehatan berupa masker, goggle, faceshield, dental protective face, baju coverall hingga suplemen dan multivitamin kepada tenaga kesehatan yang bertugas sebagai garda terdepan penanganan Covid-19.