Ciri-ciri teks report bahasa Inggris.

Contoh teks report bahasa Inggris © 2023 brilio.net

Contoh teks report bahasa Inggris
freepik.com

Hakekatnya, teks report bahasa Inggris adalah teks yang menyajikan informasi rinci tentang sesuatu secara umum berdasarkan penelitian atau observasi. Teks report memiliki beberapa ciri-ciri, antara lain:

1. Berisi fakta-fakta ilmiah yang dapat dibuktikan secara objektif.

2. Menggunakan judul yang mudah dipahami dan mencerminkan isi teks.

3. Menggunakan simple present tense untuk menyatakan kebenaran umum.

4. Menggunakan general nouns untuk menggambarkan objek secara umum.

5. Menggunakan relating verbs atau relative verbs untuk menghubungkan antara subjek dan predikat.

6. Menggunakan istilah-istilah teknis yang berkaitan dengan objek yang dibahas.

7. Menggunakan data statistik, gambar, atau tabel untuk mendukung informasi.

Struktur teks report bahasa Inggris.

Contoh teks report bahasa Inggris © 2023 brilio.net

Contoh teks report bahasa Inggris
freepik.com

Teks report memiliki struktur yang terdiri dari dua bagian, yaitu:

1. General classification

Bagian yang memberikan pengelompokan umum dari objek yang dibahas, seperti hewan, tumbuhan, fenomena alam, dan lain-lain. Bagian ini biasanya berisi informasi dasar dari objek tersebut, seperti nama, jenis, ciri, dan fungsi.

2. Description

Pada bagian deskripsi biasanya memberikan penjelasan lebih detail tentang objek yang dibahas, seperti bagian, sifat, perilaku, manfaat, dan dampaknya. Bagian ini biasanya menggunakan data, fakta, contoh, gambar, atau tabel untuk mendukung informasi.

Cara menulis teks report bahasa Inggris yang baik.

Contoh teks report bahasa Inggris © 2023 brilio.net

Contoh teks report bahasa Inggris
freepik.com

Untuk menulis teks report bahasa Inggris yang baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya:

1. Tentukan tujuan dan topik teks.

Tahap ini kamu perlu menentukan tujuan dan topik teks report yang ingin ditulis. Tujuan teks report adalah untuk memberikan informasi umum dan khusus tentang sesuatu, seperti benda, tempat, hewan, atau fenomena. Topik teks report harus sesuai dengan minat, pengetahuan, dan sumber informasi.

2. Struktur dan bahasa teks.

Pahami struktur dan teks report yang kamu tulis. Dimana kamu perlu memahami dan mengikuti struktur dan bahasa teks report yang baku. Struktur teks report terdiri dari general classification dan description.

General classification adalah bagian yang memberikan pengelompokan umum dari objek yang dibahas, sedangkan description adalah bagian yang memberikan penjelasan lebih detail tentang objek tersebut. Bahasa teks report menggunakan general noun, relating verb, logical connector, dan simple present tense.

3. Fakta dan sumber informasi.

Teks report bahasa Inggris yang disajikan harus mengandung fakta dan sumber informasi yang akurat, relevan, dan terpercaya. Proses pencari fakta dan sumber informasi bisa dilakukan dengan penelitian atau observasi untuk mendapatkan data dan fakta tentang objek yang dibahas. Ketika memperoleh data pun kamu juga harus mencantumkan sumber informasi yang digunakan, baik dalam bentuk kutipan, paraphrase, atau daftar pustaka.

4. Format dan gaya penulisan.

Selain ketiga poin diatas, hal yang perlu disiapkan dalam membuat teks report bahasa Inggris adalah format dan gaya penulisan. Format dan gaya penulisan perlu mengikuti standar yang berlaku, seperti margin, spasi, font, ukuran, nomor halaman, dan lain-lain. Tidak hanya itu, kamu perlu menggunakan gaya penulisan yang formal, objektif, dan ilmiah. Dan harus menghindari penggunaan kata ganti orang, opini pribadi, atau bahasa sehari-hari.