Brilio.net - Mendekati pertengahan tahun seperti sekarang, pastinya berbagai sekolah mulai menyiapkan rencana untuk mengadakan agenda studi tour atau kunjungan pembelajaran terpadu. Nah, yang sering sekali menjadi pertanyaan adalah, bagaimana cara untuk membuat proposal ataupun lampiran pengajuan dana, agar agenda tersebut dapat terlaksana dengan lancar.

Adapun partisipan acara ini biasanya siswa tingkat akhir di suatu sekolah, baik SD, SMP, ataupun SMA. Proposal pengajuan dana untuk keperluan studi tour perlu dirancang dengan rinci dan detil agar seluruh perancanaan biaya bisa terjangkau semuanya. Selain itu, proposal ini juga berguna sebagai wadah informasi kepada pihak sekolah dan wali murid, mengenai apa saja kegiatan yang ingin diadakan selama agenda tersebut berlangsung.

Setidaknya dalam proposal tour perlu dicantumkan, latar belakang atau pendahuluan, tujuan diadakannya perjalanan, rincian kegiatan setiap hari secara terperinci, dan perkiraan biaya akomodasi keseluruhan. Semua hal tersebut perlu dikoreksi secara mendalam, sebagai langkah antisipasi atas hal-hal yang di luar kendali.

Brilio.net melansir dari berbagai sumber, Rabu (27/3), berikut contoh proposal tour sekolah lengkap dengan rancangan biaya akomodasinya.

Contoh proposal tour sekolah lengkap dan terperinci

Contoh proposal tour © Freepik.com

foto: freepik.com

Proposal tour sekolah SMAN Harapan Bangsa: "Menjelajahi Keajaiban Alam dan Budaya Nusantara

1. Pendahuluan.

Dalam rangka memberikan pengalaman belajar yang berkesan, dan memperluas wawasan siswa tentang kekayaan alam dan budaya Indonesia. Sekolah SMAN Harapan Bangsa bermaksud untuk menyelenggarakan study tour dengan mengunjungi beberapa destinasi menarik di Indonesia. Tur ini bertujuan untuk menginspirasi siswa, memperkaya pemahaman mereka tentang keindahan alam dan keanekaragaman budaya, serta merangsang minat mereka dalam menjaga warisan alam dan budaya Indonesia. Jumlah siswa yang berencana mengikuti program ini berjumlah 125 siswa, dan didampingi para guru dan staff pengajar berjumlah 25 orang, total partisipan berjumlah 150 orang.

2. Tujuan Tur.

- Memperkenalkan keajaiban alam dan budaya Indonesia kepada siswa, guru dan staff.

- Meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya pelestarian lingkungan dan warisan budaya Nusantara di masa yang akan datang

- Memberikan pengalaman belajar yang praktis dan berkesan di luar kelas.

3. Rencana Tur.

Hari 1: Jakarta - Bandung

- Pagi: Keberangkatan dari Sekolah SMAN Harapan Bangsa menuju Bandung dengan bus pariwisata

- Siang: Tiba di Bandung, makan siang di restoran lokal.

- Sore: Kunjungan ke Kawah Putih dan Puncak Bintang.

- Malam: Check-in di hotel, makan malam di restoran wilayah Lembang.

Hari 2: Bandung - Yogyakarta

- Pagi: Persiapan dan kunjungan ke Tangkuban Perahu.

- Siang: Makan siang di area sekitar Tangkuban Perahu.

- Sore: Perjalanan menuju Yogyakarta dengan kereta api kelas eksekutif.

- Malam: Check-in di hotel, makan malam di restoran lokal di daerah Malioboro.

Hari 3: Yogyakarta

- Pagi: Kunjungan ke Candi Prambanan dan Borobudur menggunakan bus pariwisata.

- Siang: Makan siang di area sekitar Candi Borobudur.

- Sore: Kunjungan ke Keraton Yogyakarta dan Alun-Alun Kidul.

- Malam: Makan malam di restoran lokal di daerah Kota Gede.