Brilio.net - Saat menimba ilmu pengetahuan di ruang kelas, tentunya guru akan memberikanmu berbagai ilmu serta pelatihan yang dibutuhkan. Berbagai macam cara dilakukan untuk mendongkrak pemahaman siswa supaya mereka menguasai materi yang diajarkan. Selain mengajar, para pengajar juga seringkali memberikan catatan ataupun penugasan kepada para siswa untuk dikerjakan di rumah. Tujuan diberikannya tugas atau pekerjaan rumah (PR) yakni agar para siswa tetap melakukan pembelajaran walaupun bukan di sekolah.

Supaya kamu dapat dengan mudah mengerjakan berbagai penugasan dari para pengajar, kamu perlu memahami dengan baik pengertian dari tugas sekolah dan juga mengetahui bagaimana contoh tugas sekolah yang baik dan benar. Pada dasarnya, contoh laporan tugas sekolah dapat kamu tanyakan langsung kepada pengajar pengampu pelajaran tersebut. Namun, pada situasi tertentu, kamu diharuskan mengerjakan laporan tersebut dengan deadline yang sudah ditentukan. Oleh karena itu, kami akan mencoba menerangkan apa pengertian dari laporan tugas sekolah, beserta bagaimana contoh tugas sekolah.

Tidak perlu berlama-lama lagi, silahkan simak artikel ini hingga habis. Berikut contoh laporan tugas sekolah lengkap dengan pengertian dan langkah pembuatannya. Seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (15/3).

Pengertian laporan tugas sekolah

contoh laporan tugas sekolah © berbagai sumber

foto: freepik.com

Pengertian laporan tugas sekolah adalah penugasan yang diberikan oleh tenaga pengajar agar para siswa mendalami lebih dalam mengenai suatu pelajaran di luar jam pelajaran sekolah. Contohnya saja laporan tugas sekolah "Mengamati pertumbuhan kacang hijau". Disini para pengajar memintamu untuk mengamati dan mempelajari bagaimana pertumbuhan kacang hijau dari masa ke masa dengan seksama.

Segala hal yang terjadi pada proses pertumbuhan kacang hijau tersebut, akan dijadikan sebuah laporan tugas yang nantinya dikumpulkan kepada pengajar di sekolah. Hasil dari laporan tugas sekolah tersebut dapat dijadikan bahan penilaian guru dalam menilai sejauh mana kemampuanmu dalam mengikuti pengajaran di sekolah atau di luar sekolah. Biasanya, beberapa poin yang perlu tercantum dalam laporan tugas sekolah sebagai berikut:

- Judul tugas

- Nama siswa

- Kelas/Jurusan

- Tanggal Pelaksanaan

- Pendahuluan dan latar belakang

- Tujuan penelitian

- Metode penelitian

- Hasil dan pembahasan

- Kesimpulan

- Sumber pustaka