Mengusung tema berkelanjutan

Tahun ini, BIC 2022 memberikan tantangan berbeda untuk menyaring barista yang tidak hanya berkualitas namun juga turut serta dalam menjaga keseimbangan alam. Tahun ini BIC mengusung tema Sustainability Innovation Throughout Nation. Para peserta harus dapat memaksimalkan bahan yang digunakan sehingga tidak ada yang terbuang untuk membuat kreasi sustainable coffee drink.

“Tema ini kita angkat untuk memberikan inspirasi serta kesadaran bagi praktisi serta penikmat kopi agar terus melakukan praktik keberlanjutan untuk bumi dan juga pada proses regenerasi barista di Indonesia ke depannya,” lanjut Sherley.

Barista Innovation Challenge © 2023 brilio.net Fildzah Djafar, barista asal Palu, Sulawesi Tengah keluar sebagai juara (Dok. BIC 2022)

Dalam prosesnya, BIC 2022 dimulai dari roadshow di 18 kota besar di Indonesia. Selain itu dilakukan juga webinar dengan topik beragam.

“Excited dan memorable banget, karena kebetulan sudah ikut dari tahun lalu juga. Tahun ini BIC jauh lebih challenging dan seru,” ujar I Kusumastuti, salah satu peserta asal Surakarta.

Dalam ajang ini Fildzah Djafar asal Palu, Sulawesi Tengah keluar sebagai juara pertama dan berkesempatan mengikuti pendidikan di Espresso Academy, Italia untuk mendapatkan sertifikasi internasional. Sedangkan pemenang kedua dan ketiga yakni Jonathan Kevin Julian dan Hafidz Rosyada berkesempatan mengikuti studi barista di Indonesia Coffee Academy, Jakarta.