Brilio.net - Normalnya, seorang pelajar harus fokus mengejar pendidikan setinggi mungkin. Namun, terkadang pelajar juga punya berbagai kebutuhan yang harus segera dipenuhi. Sedangkan uang yang dimiliki ada kalanya tidaklah mencukupi semuanya. Ditambah lagi jika pelajar tersebut ingin membeli sesuatu yang berharga cukup tinggi.

Kebutuhan akan uang pun seringkali membuat pikiran pelajar teralihkan dan dilema. Mending fokus belajar atau mencari uang, ya?

Jika kamu adalah seorang pelajar, baik tingkat dasar, menengah, maupun atas, alangkah baiknya jika pendidikan tetaplah menjadi prioritas. Misalnya jika kamu diberi uang oleh orang tua setiap minggunya, coba maksimalkan yang sudah kamu miliki, ketimbang ingin mencari sesuatu yang belum dimiliki.

Namun begitu, jika tetap butuh beli, coba atur keuangan tiap minggunya. Cara mengatur uang mingguan buat pelajar sepertimu itu tidak sesulit yang dibayangkan.

Dengan mengatur uang secara baik dan teratur, kamu masih tetap bisa fokus belajar sekaligus dapat membeli barang yang diinginkan.

Jika kamu seorang pelajar dan ingin mencoba mengatur keuangan secara mingguan, simak 7 caranya yang sudah dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (7/3).

1. Membuat anggaran sesuai kebutuhan.

7 Cara mengatur uang mingguan buat pelajar berbagai sumber

foto: freepik.com

Buatlah anggaran dasar dengan mencatat semua pemasukan tiap minggu yang kamu dapatkan. Kemudian catat kebutuhan primer apa saja yang harus kamu penuhi setiap minggunya secara terukur. Jika semuanya sudah tercantum, kamu bisa menyisihkan sedikit anggaran untuk keperluan sekunder ataupun untuk menabung.

Anggaran juga berfungsi untuk melihat kebutuhan-kebutuhan apa saja yang bisa kamu hemat ataupun lebihkan. Jangan lupa untuk menyiapkan dana darurat jika suatu saat kamu butuh dana mendesak. Dengan begitu, kamu nggak akan sembarangan mengambil budget keperluan lainnya.

 

(magang/Zidan Fajri)