Brilio.net - Saat liburan ke Semarang rasanya kurang lengkap kalau nggak mencicipi lumpia. Jajanan khas Semarang ini berbahan dasar tepung dan telur yang biasanya dilengkapi dengan isian daging atau rebung.

Semarang memang identik dengan lumpia sebagai makanan khasnya. Ada beberapa lumpia terkenal dan enak di Semarang yang sering dijadikan oleh-oleh para wisatawan.

Bagi yang ingin mencicipi langsung kelezatan cita rasa lumpia, kamu bisa berkunjung sambil menikmati waktu santai di Semarang. Melalui jalur darat menggunakan bus Jakarta-Semarang yang dipesan via Traveloka Lifestyle Superapp, waktu perjalanan hanya memakan waktu sekitar 7-10 jam.

Nah, supaya mudah menentukan pilihan, simak rekomendasi lumpia terenak di Semarang berikut ini seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (11/2).

1. Lumpia Gang Lombok.

rekomendasi 6 lumpia terenak Semarang © 2022 berbagai sumber

foto: Instagram/@loenpia_gang_lombok

Dari sekian banyak tempat yang menjual lumpia di Semarang, nama Lumpia Gang Lombok cukup populer. Kedai yang terletak di Gang Lombok No 11 ini sebenarnya tidak terlalu besar. Namun, rasanya tetap autentik sejak mulai diproduksi lebih dari satu abad lalu.

Uniknya, pembeli hanya akan menemukan lumpia ayam dan lumpia udang di sini. Makanan ini juga tidak berbau amis seperti lumpia pada umumnya. Selain itu, kulitnya terasa renyah saat digigit. Ditambah dengan isi yang padat dengan cita rasa gurih yang pas membuat Lumpia Gang Lombok tidak pernah sepi pembeli.

2. Lumpia Mbak Lien.

rekomendasi 6 lumpia terenak Semarang © 2022 berbagai sumber

foto: Instagram/@loenpiambaklien_

Rekomendasi lumpia Semarang yang tidak kalah enak adalah Lumpia Mbak Lien. Kedai yang menjual lumpia legendaris ini terletak di Gang Grajen, tidak jauh dari Jalan Pemuda, Semarang. Supaya memudahkan pembeli, ada layanan khusus penjualan di mulut gang. Namun, kamu juga bisa dine in di kedai jika ingin menikmati suasana lokal.

Lumpia Mbak Lien disajikan dengan dua cara yang berbeda, yaitu lumpia basah dan lumpia kering. Lumpia kering digoreng sehingga teksturnya lebih renyah, sedangkan lumpia basah tidak digoreng sehingga dianggap lebih sehat. Keduanya bercita rasa manis dan gurih serta bisa membuat kenyang karena isian yang padat.

3. Lumpia Cik Meme.

rekomendasi 6 lumpia terenak Semarang © 2022 berbagai sumber

foto: Instagram/@lunpiacikmeme

Lumpia Cik Meme merupakan pelopor lumpia halal di Semarang. Kedai lumpia ini terletak di jalan Gajahmada No 107. Lokasinya cukup strategis sehingga pengunjung bisa menikmati penganan tersebut di tempat secara langsung. Menariknya, ada banyak varian yang ditawarkan selain rasa original.

Bagi yang tidak terlalu suka rasa gurih atau manis, Lumpia Cik Meme pasti lebih cocok. Walaupun terkesan plain, kamu bisa melengkapinya dengan saus bercita rasa manis yang telah disediakan. Lumpia Cik Meme merupakan pilihan oleh-oleh yang pas dari Semarang, khususnya bagi yang ingin menikmati lumpia kekinian.

4. Lumpia Sari Rasa.

rekomendasi 6 lumpia terenak Semarang © 2022 berbagai sumber

foto: Traveloka

Ada lagi jenis lumpia lain di Semarang, yaitu Lumpia Sari Rasa. Kedai yang menjual lumpia ini terletak di kawasan Anjasmoro. Salah satu varian lumpia yang cukup populer di Lumpia Sari Rasa adalah lumpia berisi rebung. Karena cara pengolahan yang baik dan tepat, aroma khas rebung pada lumpia tidak terlalu terasa.

Keunggulan Lumpia Sari Rasa lainnya adalah ukurannya yang besar serta isian yang melimpah. Selain itu, lumpia ini juga telah mengantongi sertifikat halal sehingga umat Islam yang ingin menyantapnya tidak perlu khawatir. Kamu bisa membeli lumpia goreng yang renyah atau lumpia kukus dengan rasa tidak kalah enak.

5. Lumpia Lanny.

rekomendasi 6 lumpia terenak Semarang © 2022 berbagai sumber

foto: Facebook/Lumpia Lanny Semarang

Lumpia Lanny mungkin tidak populer lumpia lainnya. Namun, karena rasanya yang stabil, lumpia ini memiliki banyak pelanggan setia. Lumpia Lanny telah diproduksi sejak 1988. Kamu bisa membelinya langsung di Jalan Kp Plampitan No 81, Kembangsari. Jika tidak sempat, Kamu bisa memesan secara online dan lumpia akan diantarkan ke alamat pembeli.

Salah satu yang unik dari Lumpia Lanny adalah varian less sugar. Jenis lumpia ini cocok bagi yang ingin mengurangi konsumsi gula pada makanan. Walaupun demikian, rasa lumpia less sugar tidak jauh berbeda dengan rasa orisinalnya. Lumpia Lanny juga aman dan tahan untuk dikirim ke luar kota.

6. Lumpia Express.

rekomendasi 6 lumpia terenak Semarang © 2022 berbagai sumber

foto: Instagram/@lunpia_express

Alternatif pilihan lain bagi Anda penyuka lumpia adalah Lumpia Express. Harga Lumpia Express per buah tergolong lebih murah dibandingkan lumpia lainnya. Meskipun demikian, kualitasnya tidak boleh diremehkan karena berasal dari bahan-bahan terbaik. Rasanya legit dengan tekstur kulit luar yang renyah.

Lumpia Express bisa dinikmati di resto lumpia khas Semarang yang terletak di Jalan Gajahmada No 142 AA. Tersedia pula layanan free delivery bagi pemesan yang berada di wilayah Semarang.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi lumpia di Semarang yang wajib dicoba. Nggak ada alasan lagi buat kamu yang sedang berwisata ke Semarang untuk melewatkan sajian kuliner khas yang satu ini! Jadikan makanan tradisional khas Semarang ini sebagai buah tangan saat pulang dari bepergian.

(brl/tin)