4. Robot laba-laba.

Mainan sederhana buat anak Berbagai sumber

foto: TikTok/@gudangkreatif2020

Siapkan baterai jenis alkali. Enam buah kawat penjepit kertas. Kawat penjepit diubah bentuknya memanjang yang kemudian dilem pada punggung baterai. Tampak kawat ini dipasang sebagai kaki-kaki dari robot laba-laba tersebut.

Kemudian, pada bagian 'perut' baterai dipasang dinamo kecil. Selanjutnya, pasang kabel dan tuas on/off yang disambungkan pada dinamo, dan ujung baterai untuk mengalirkan energi.

Setelah pemasangan selesai, saat tuas on/off ditekan, dinamo akan menyala dan membuat robot laba-laba bergetar dan bergerak maju. Anak-anak pasti suka banget nih sama mainan ini.

@gudangkreatif2020 DIY mainan unik Robot baterai berjalan #diy #tutorial #seni #kerajinan BOLD AND BEAUTIFUL - TJ Carter

 

5. Handphone mainan sederhana.

Mainan sederhana buat anak Berbagai sumber

foto: TikTok/@craftindonesia

Untuk menghindari anak yang kecanduan gadget, kamu mungkin bisa mengatasinya dengan membuat handphone mainan sederhana. Caranya, siapkan kertas karton yang digambar dengan beberapa gradasi warna.

Kemudian siapkan pula bentuk casing hp yang terbuat dari kardus bekas. Sesuaikan ukuran karton yang sudah diwarnai ini dengan casing HP. Lalu, isi sebuah kantung plastik (yang punya tutup perekat) dengan lem basah dan tinta hitam. Setelah itu, plastik bening yang kini hitam oleh tinta ini dipasang diantara kertas warna-warni dan casing HP.

Terlihat penampakan plastik warna hitam menjadi layar HP yang seakan belum diaktifkan karena warnanya yang hitam. Namun saat layar HP mainan tersebut digambar oleh sentuhan jari, maka akan keluar tulisan yang warna-warni.

Para ibu mungkin bisa membuat mainan sederhana ini untuk anaknya yang gemar memainkan gadget di rumah.

@craftindonesia Handphone mainan sederhana #craft #crafts #craftindonesia #kerajinan5menit #kerajinantangan #kerajinan #kerajinansederhana #karyaseniku Tang Tang Tang - Jee.

 

6. Mainan pukul tikus tanah sederhana.

Mainan sederhana buat anak Instagram

foto: Instagram/@idemainhanin

Terakhir, ada sebuah mainan yang umumnya cuma bisa ditemukan di wahana bermain anak di mal, atau di tempat berbayar lainnya. Mainan ini dikenal dengan nama pukul tikus tanah.

Nyatanya, mainan ini bisa dibikin dengan bahan sederhana. Siapkan kardus bekas mi instan. Bentuk lubang sebanyak enam buah. Kemudian, tempelkan bola plastik kecil pada sebatang centong sayur atau spatula. Bola yang tertempel di centong sayur ini dimasukkan dari arah bawah lalu digerakkan agar bisa muncul di beberapa lubang secara random.

Setiap kali bola muncul dari lubang, sang anak dengan alat pukul atau palu plastik akan memukul bola tersebut. Bola yang hendak dipukul kemudian langsung bersembunyi di balik lubang dan akan muncul kembali di lubang lainnya.

Mainan sederhana tapi sangat mengasyikkan!

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Sri Puspitasari | Ide main 2y+ (@idemainhanin)