1. Pesawat dari gelas plastik.

Mainan sederhana buat anak Berbagai sumber

foto: TikTok/@yantihaskar

Yang pertama ada mainan pesawat dari gelas plastik. Cara buatnya simpel sekali. Cukup siapkan dua buah gelas plastik. Tempelkan kedua alas gelas ini dengan lem. Tambahkan lagi lakban hitam agar lebih merekat. Lalu siapkan dua karet gelang yang disambung, kemudian diikatkan pada satu batang tusuk sate.

Karet kemudian digulung di bagian tengah pesawat gelas ini. Nah, jika gulungan karet dilepas, gelas plastik ini akan melesat di udara, dan jadilah pesawat sederhana.

@yantihaskar mainan Terbang #mainan #tutorial #mainanterbang Dj Close Your Eyes Viral - Vicky Ozhella

 

2. Helikopter gelas kertas.

Mainan sederhana buat anak Berbagai sumber

foto: TikTok/@logonama

Beda dengan pesawat gelas plastik yang terbang melayang, mainan berikut ini berbentuk helikopter unik yang terbuat dari gelas kertas bekas minum kopi. Siapkan dua gelas kertas, gunting dua sisinya agar tercipta lubang, bagian yang tergunting biarkan menganga dan menjadi sayap.

Lalu, bagian atas gelas disatukan dengan lem. Dasar gelas diberi lubang kecil untuk memasang batang kayu sebagai rangka baling-baling. Dengan bantuan karet yang dililitkan di bagian bawah batang kayu, membuat baling-baling mampu berputar saat lilitan karet dilepas.

Helikopter sederhana pun jadi dan siap ditebangkan ke angkasa.

@logonama_ Membuat pesawat mainan dari bahan sederhana #mantapmen #viral Kamana Cintana - Nina

 

3. Tamiya sederhana.

Mainan sederhana buat anak Berbagai sumber

foto: TikTok/@fandyjie_

Selanjutnya ada tamiya sederhana. Cara bikinnya cukup dengan dua stik es krim yang disambung membentuk segitiga tanpa alas. Kemudian, pada setiap sudut dipasang potongan sedotan dengan cara dilem. Lubang sedotan kemudian dimasukkan batang cotton bud sebagai pemasang ban nantinya.

Lanjut, buat ban sederhana dari tutup botol air mineral. Empat ban tutup botol ini pun dipasang pada empat ujung batang cotton bud tersebut. Tambahkan juga dua batre tidak terpakai yang ditempel di dua ujung sisi sebagai pemberat.

Setelah itu, di bagian tengah dipasang karet gelang yang berfungsi semacam katrol untuk memutar ban. Gaya untuk memutar dihasilkan pada karet yang dipasang secara vertikal dan digulung. Saat gulungan dilepas, maka mobil tamiya pun akan bisa melesat di jalanan.

@fandyjie_ TAHUKAH KAMU? "Buat Mobil-mobilan sederhana# #terbaru #mainan #mainananak #mainanviral #lifehack #reuse #recycle #barangbekas #kreatif #idea #tips #trik #kayu #woodworking #viral #viral2023 #fyp suara asli - Fandyjie - KASHIKOI STORE