Pengertian kata tidak baku.

Contoh kata tidak baku lengkap dengan pengertian © 2023 brilio.net

foto: Pexels.com

Kata tidak baku merupakan kata yang dipengaruhi oleh bahasa daerah maupun bahasa asing. Kata tidak baku terdiri dari kelompok kata yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia atau secara verbal maupun secara pelafalan tidak sesuai dengan KBBI dan PUEBI. Meski tidak sesuai dalam KBBI dan PUEBi, kata tidak baku sangat lazim digunakan oleh masyarakat tetapi tidak pada konteks formal.

Kata-kata tidak baku biasanya tidak termasuk dalam kosakata resmi yang diakui oleh lembaga-lembaga bahasa seperti Pusat Bahasa atau Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Meski begitu, kata tidak baku kerap ditemukan dalam keseharian. Kata tidak baku yang sering ditemukan seperti salah eja, kata-kata slang atau bahasa gaul atau istilah-istilah baru yang sering digunakan anak muda.

Pada dasarnya, kata-kata tidak baku yang lazim digunakan sangat dipengaruhi oleh budaya tutur masyarakat yang terus berkembang dari hari ke hari.

Untuk mengenali kata-kata tidak baku lebih jauh, kamu perlu memahami ciri-cirinya, di antaranya sebagai berikut:

1. Tidak tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau kosakata resmi yang diakui oleh lembaga-lembaga bahasa.

2. Salah eja atau penulisan yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang benar.

3. Mengandung unsur-unsur bahasa daerah atau kata-kata yang bersifat dialek atau khas daerah tertentu.

4. Mengandung unsur-unsur bahasa asing yang tidak umum digunakan dalam bahasa Indonesia, atau salah dalam penulisan atau penggunaannya.

5. Bersifat slang atau bahasa gaul yang digunakan dalam percakapan informal dan tidak diterima dalam komunikasi resmi atau formal.

6. Kata yang tidak umum atau tidak lazim digunakan dalam percakapan sehari-hari.

7. Kata-kata yang bersifat kasar atau tidak sopan, atau kata-kata yang dianggap tabu atau tidak pantas digunakan dalam situasi tertentu.