Pengertian kata kerja imperatif.

Contoh kata kerja imperatif lengkap dengan pengertiannya © 2023 brilio.net

foto: Pexels.com

Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata kerja imperatif adalah bentuk kata yang memiliki makna perintah, bentuk kalimat yang mengandung makna larangan, dan bentuk kalimat yang bermakna keharusan atas suatu tindakan. Kata imperatif pada dasarnya memiliki makna memerintahkan sesuatu atau mengajak pada suatu hal.

Kata kerja imperatif adalah jenis kata kerja yang digunakan untuk memberikan perintah, instruksi atau ajakan kepada seseorang atau kelompok orang untuk melakukan suatu tindakan atau aktivitas. Kata kerja imperatif seringkali diawali dengan kata kerja dalam bentuk dasar tanpa awalan "di", misalnya "buka", "tutup", "makan", "dengarkan", "selesaikan", dan sebagainya.

Adapun ciri-ciri dari kata kerja imperatif ini sebagai berikut:

a. Digunakan untuk memberikan perintah, instruksi, atau arahan kepada orang lain.

b. Umumnya terdiri dari satu kata kerja saja tanpa menggunakan subjek, kecuali jika subjek tersebut diperlukan untuk menjelaskan atau memperjelas konteks kalimat.

c. Kebanyakan kata kerja imperatif diakhiri dengan huruf "lah" atau "kan" pada kata dasarnya, namun tidak selalu demikian. Misalnya, "Berjalanlah", "Bersihkan", dan sebagainya.

d. Bentuk kata kerja imperatif bisa positif, negatif, tak langsung, permintaan, atau pengharapan tergantung dari tujuan atau maksud yang ingin disampaikan dalam kalimat.

e. Umumnya, kata kerja imperatif tidak menggunakan kata ganti objek, kecuali jika objek tersebut diperlukan untuk memperjelas kalimat.

f. Penggunaan kata kerja imperatif cenderung bersifat langsung dan tegas, dengan tujuan agar pesan yang disampaikan dapat dipahami dengan jelas dan mudah dilakukan oleh orang yang diberi instruksi.

g. Kata kerja imperatif biasanya digunakan dalam percakapan sehari-hari, buku panduan, petunjuk penggunaan, dan perintah tertulis dalam kehidupan sehari-hari seperti lalu lintas, instruksi kerja, dan sebagainya.