Brilio.net - Kewajiban bagi seorang siswa adalah mengikuti kegiatan sekolah. Namun karena satu dan lain hal, ada kalanya kamu harus absen dari kegiatan belajar mengajar ini. Saat harus meninggalkan sekolah, kamu wajib memberikan surat izin ketika tidak masuk. Surat izin ini dimaksudkan untuk memberi tahu sekolah tentang alasan ketidakhadiranmu.

Sekolah menanyakan surat izin demi keteraturan dan kedisiplinan di sekolah, serta menunjukkan penghormatan terhadap prosedur yang berlaku. Surat izin juga memfasilitasi komunikasi antara siswa, orang tua, dan staf sekolah. Hal ini memungkinkan pengertian yang lebih baik tentang alasan di balik ketidakhadiran siswa. Secara administratif, surat izin membantu sekolah dalam melacak absensi siswa dan memberikan dokumentasi yang diperlukan untuk keperluan administrasi.

Surat izin ini umumnya ditulis oleh siswa dan ditanda tangani oleh orang tua sebagai walinya. Dengan memberikan surat izin saat tidak hadir di sekolah, siswa turut menjaga keteraturan, komunikasi, dan administrasi di lingkungan pendidikan.

Adapun contoh surat izin di sekolah tersebut adalah sebagai berikut, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (26/3).

1. Contoh surat izin sekolah karena ada acara keluarga.

Kepada [Wali kelas siswa],

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, [Nama siswa], dengan ini ingin memohon izin tidak masuk sekolah pada tanggal [tanggal] karena ada acara penting yang tidak dapat dihindari.

Acara tersebut memiliki nilai penting bagi saya, baik secara pribadi maupun untuk pengembangan diri saya. Saya akan berusaha untuk menyelesaikan semua tugas yang terlewatkan dan untuk tetap mempertahankan kehadiran saya yang baik di sekolah.

Saya berjanji untuk mengambil tanggung jawab penuh terhadap pembelajaran yang saya lewatkan dan untuk menyelesaikan pekerjaan yang diberikan oleh guru saya dengan sebaik mungkin.

Demikian permohonan ini saya buat. Atas perhatian dan izin yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[Nama siswa]
[Kelas/Tingkat]
[Nama Sekolah]

Contoh bikin surat izin sekolah © berbagai sumber

foto: unplash.com

2. Contoh surat izin sekolah karena mengalami sakit.

Kepada [Wali siswa],

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, [Nama siswa], dengan ini ingin memberitahukan bahwa saya tidak dapat hadir di sekolah pada tanggal [tanggal] karena sedang mengalami sakit yang membuat saya tidak bisa beraktivitas dengan baik.

Saya merasa sangat menyesal tidak dapat menghadiri pelajaran hari ini, namun kondisi kesehatan saya tidak memungkinkan untuk beraktivitas normal di sekolah.

Saya akan segera mencari perawatan medis yang diperlukan dan berusaha untuk memulihkan diri secepat mungkin agar bisa kembali ke sekolah dengan kondisi yang lebih baik.

Mohon kiranya diberikan izin untuk tidak masuk sekolah pada tanggal tersebut. Saya akan mengusahakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang terlewatkan dengan sebaik mungkin setelah pulih.

Atas perhatian dan pengertiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[Nama siswa]
[Kelas/Tingkat]
[Nama Sekolah]

 

(mgg/Robiul Adil Robani)