Brilio.net - Seorang guru tidak hanya berkewajiban mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa, tetapi juga harus bisa menjadi motivator belajar dan menjadi media untuk mengasah keterampilan siswa. Nah untuk meningkatkan keterampilan siswa, tentu tidak bisa dilakukan hanya satu atau dua kali. 

Karena itu, konsistensi dan pengembangan cara belajar yang baru harus ditingkatkan untuk mengasah keterampilan siswa secara terus menerus. Berikut beberapa strategi belajar yang bisa para guru terapkan untuk meningkatkan keterampilan siswa.

1. Pilih metode belajar yang tepat

4 Strategi belajar © 2021 brilio.net understood.org

Seorang guru harus pandai memilih metode belajar yang tepat. Pemilihan metode belajar ini bisa menjadi tolak ukur apakah siswa merasa jenuh dalam kegiatan belajarnya atau bahkan merasa antusias dengan metode yang diterapkan.

Untuk meningkatkan keterampilan siswa, terapkan metode belajar yang komunikatif sehingga siswa pun terdorong untuk turut aktif di dalam kelas. Berikan contoh-contoh relevan yang sedang terjadi saat ini sesuai dengan materi pelajaran yang sedang diajarkan.

2. Gunakan media belajar yang menarik

4 Strategi belajar © 2021 brilio.net educalprogram.org

Media belajar yang seru, menarik, dan kreatif bisa menjadi daya tarik siswa untuk belajar. Dengan media yang seperti itu, fokus siswa dalam belajar pun bisa ditingkatkan.

Ada beberapa media belajar yang bisa menjadi alternatif untuk menunjang kegiatan belajar siswa berupa video pembelajaran animasi, contoh soal berupa kuis interaktif, dan sebagainya. Buatlah suasana belajar yang menyenangkan dan jauh dari kesan monoton agar siswa terus terasah kreativitasnya dan semangat dalam belajar.

3. Mengasah keterampilan siswa dengan permainan

4 Strategi belajar © 2021 brilio.net educalprogram.org

Setiap anak tentunya memiliki keterampilan masing-masing. Keterampilan ini perlu dilatih dan diasah agar tidak hilang dan bisa terus berkembang. Melatih keterampilan siswa dapat dilakukan dengan cara memainkan beberapa permainan yang membutuhkan konsentrasi dan kreativitas dalam berpikir, seperti sudoko, scrabble, dan puzzle.

Selain itu, guru juga bisa mencoba untuk memberikan tugas membuat suatu karya seperti puisi, lukisan, dan sebagainya pada siswa. Dengan melatih keterampilan ini, siswa pun bisa semakin mengenali dirinya dan terbiasa berpikir kritis untuk menemukan solusi dalam suatu masalah.

4. Lakukan eksperimen

4 Strategi belajar © 2021 brilio.net educalprogram.org

Menerapkan metode belajar mengajar yang sama secara terus menerus tidak hanya akan membuat siswa bosan, tetapi juga guru. Untuk meningkatkan keterampilan siswa, guru harus lebih kreatif dalam memberikan metode belajar yang baru dan inovatif. Cobalah lakukan eksperimen dengan menggunakan ide kreatif dalam mengajar.

Misalnya, belajar di luar kelas, membuat role play atau drama di kelas sesuai materi belajar, hingga bercerita mengenai fenomena alam atau peristiwa yang belum diketahui siswa sebelumnya. Cara ini akan melatih imajinasi siswa sehingga lebih kreatif dan terampil.

Mudah 'kan? Ada banyak cara yang bisa para guru coba untuk membantu meningkatkan keterampilan siswa. Namun, yang terpenting adalah untuk terlebih dulu meningkatkan keterampilan dari para guru sendiri. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti pelatihan di Gurubinar.id.

Gurubinar merupakan platform yang bertujuan untuk pengembangan karier guru melalui pelatihan dan beragam pengembangan profesionalisme. Guru bisa mengikuti berbagai kelas daring untuk meningkatkan kompetensi mengajar di kelas, mengikuti berbagai sesi webinar, materi inovasi belajar, menjadi master trainer dan ambasador untuk guru lainnya. Ada banyak pilihan kelas atau webinar yang dapat meningkatkan kompetensi para guru. Ayo, coba sekarang!