Brilio.net - Ketika duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), tentunya banyak sekali mendapatkan mata pelajaran yang diajarkan oleh guru. Salah satu mata pelajaran yang berkaitan dengan keterampilan adalah prakarya.

Prakarya merupakan mata pelajaran yang identik dengan praktek atau secara langsung. Prakarya berasal dari kata 'Pra' yang berarti belum dan 'Karya' berarti hasil kerja. 

Sehingga, prakarya dapat didefinisikan sebagai hasil kerja yang belum jadi, masih berupa proof of contect atau sebuah prototipe. Sering juga diartikan sebagai hasil keterampilan, kerajinan tangan yang biasanya dari barang bekas kemudian yang dirangkai sendiri dengan kreasi semenarik mungkin.

Contoh soal prakarya © 2022 Istimewa

foto: pixabay.com

Mata pelajaran prakarya bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri siswa melalui produk yang dihasilkan sendiri dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada disekitarnya.

Namun, beda halnya materi yang didapatkan pada semester 1 kelas 7 SMP, berikut materi pelajaran prakarya yang dipelajari di semester 2, antara lain:

1. Kerajinan limbah lunak

2. Teknologi konstruksi miniatur jembatan

3. Budi daya tanaman obat

4. Pengolahan bahan pangan sayuran menjadi makanan dan minuman sehat

5. Pengolahan bahan pangan hasil samping sayuran menjadi produk pangan

Materi di atas merupakan materi yang akan muncul pada Penilaian Akhir Tahun (PAT). Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ulasan mengenai contoh soal prakarya kelas 7 semester 2 yang telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (10/10).

Kumpulan contoh soal...