Brilio.net - Mata pelajaran wajib yang pasti dijumpai saat SMK ataupun SMA pasti berkaitan dengan hitung-hitungan. Seperti mata pelajaran akuntansi. Akuntansi merupakan ilmu untuk menghitung dan mencatat transaksi yang berhubungan dengan keuangan perusahaan.

Metode ini terbilang esensial agar keuangan perusahaan terjaga dari penyalahgunaan atau fraud. Ilmu keuangan yang satu ini tentu mencakup banyak aspek dalam perhitungan keuangan, salah satunya persamaan dasar akuntansi.

Persamaan dasar akuntansi merupakan suatu pencatatan secara sistematis dan teratur yang membentuk keseimbangan antara kekayaan dan sumber kekayaan. Persamaan dasar akuntansi juga sering disebut sebagai dasar atas sistem akuntansi entri ganda. Persamaan dasar akuntansi ini memiliki sejumlah manfaat, diantaranya adalah untuk mengetahui perubahan nilai harta atau kekayaan suatu perusahaan. Perubahan inilah berdampak pada setiap transaksi yang telah dilakukan sebelumnya. Selain itu, persamaan ini juga bermanfaat untuk mengetahui besar harta yang terpakai atau dibelanjakan dalam satu periode transaksi.