Brilio.net - Dalam ajaran Islam, ada beragam amalan yang bisa dilakukan untuk menambah pahala, salah satunya adalah sedekah atau membagikan sebagian hartanya kepada orang yang membutuhkan. Tidak peduli besaran nilai sedekah, sedikit atau banyak yang terpenting adalah ikhlas dalam bersedekah.

Sedekah dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, namun salah satu waktu yang dianjurkan untuk melaksanakan sedekah adalah waktu subuh atau yang dikenal sedekah subuh. Lantas apa itu sedekah subuh? Sedekah subuh merupakan kegiatan berbagai (mengeluarkan harta) setelah melaksanakan sholat subuh sebelum matahari terbit.

Sedekah subuh menjadi sedekah yang paling diajurkan sebab dilakukan di waktu istimewa yaitu waktu subuh di mana para malaikat turun dan medoakan orang yang melaksanakan amal ibadah. Jumlah sedekah subuh pun bebas mulai dari seribu hingga ratusan ribu rupiah pun tidak masalah, yang penting ikhlas menjalaninya.

Walau begitu, kamu juga bebas memberikan sebagian rezeki untuk amal jariyah di waktu zuhur, ashar, magrib, maupun isya akan tetapi subuh adalah waktu istimewa sebagaimana dalam hadis Bukhari yang artinya:

“Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu bahwa Nabi Salallahualaihiwasallam bersabda : “Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikat kepadanya lalu salah satunya berkata; “Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya”, sedangkan yang satunya lagi berkata; “Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil)”. (HR. Bukhari) [No. 1442 Fathul Bari] Shahih.

Pada prinsipnya, dalam Islam mengajarkan agar setiap manusia melakukan kebaikan kepada sesama. Misalnya dengan menyisihkan hartanya kepada fakir miskin.

Nah, kata-kata inspirasi tentang sedekah subuh menjadi pengingat untuk terus berbagi dan berbuat kebaikan. Sebab, ketika kamu berbuat satu kebaikan InsyaAllah akan dibalas Allah SWT dengan keberkahan yang tak terduga.

Berikut 100 kata-kata inspirasi tentang sedekah subuh, yang jadi pengingat untuk terus berbagi, dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (22/1).