Brilio.net - Sambut pemilihan gubernur Jawa Barat 2018, sejumlah partai politik mulai mengelus jagoannya. Selain Partai Nasdem yang sudah mendeklarasikan Ridwan Kamil sebagai calon gubernur (cagub) Jawa Barat, kini Partai Amanat Nasional juga tengah mempersiapkan diri menyeleksi kandidat untuk diajukan sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat.

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Suparno mengatakan karena keterbatasan jumlah kursi di parlemen, PAN harus mengusung kandidat Cagub dan Cawagub Jabar dengan cara berkoalisi dengan partai lainnya. Sejumlah kader PAN sudah dipersiapkan untuk maju di Pilgub Jawa Barat, salah satunya yaitu Desy Ratnasari. PAN juga tak masalah jika kadernya nanti hanya akan diposisikan sebagai cawagub.

Lalu seperti apa perjalanan karier penyanyi 'Si Tenda Biru' dari artis hingga jadi calon gubernur seperti sekarang? Berikut brilio.net rangkum perjalanan kariernya dari beberapa sumber, Rabu (26/4).

1. Model majalah.

Dessy Ratnasari Dessy Ratnasari

Loading...

foto: Instagram.com/@desyratnasarifans

Desy mengawali kariernya saat berusia 14 tahun mengikuti ajang pemilihan GADIS Sampul dan keluar sebagai juara 2. Gadis Sampul merupakan acara pemilihan model remaja yang diselenggarakan oleh Majalah Gadis. Setelah memenangi ajang tersebut kariernya berkembang dan melesat.

2. Pemain sinetron.

Dessy Ratnasari Dessy Ratnasari

foto: Instagram.com/@desyratnasarifans

Desy kemudian mulai menjadi pemeran film dan sinetron. Film dan sinetron yang dibintanginya banyak menyedot perhatian penonton, di antaranya Olga Sepatu Roda, Blok M, bersama Didi Petet dan Paramitha Rusady membintangi Si Kabayan, serta film Joshua oh Joshua bersama aktor cilik Joshua Suherman dan Anjasmara.

Kemudian pada tahun 2007, Desy bermain dalam film Kun Fayakuun garapan Ustaz Yusuf Mansyur. Sinetron Desy yang terkenal di antaranya Jendela Rumah Kita, Saat Memberi Saat Menerima, Cinta, Anakku Terlahir Kembali, dan Malin Kundang. Desy mampu memadukan popularitasnya dan kualitasnya yang jarang ditemukan dalam dunia hiburan Indonesia.

3. Penyanyi, salah satu lagu hitsnya adalah Tenda Biru.

Dessy Ratnasari Dessy Ratnasari

foto: Instagram.com/@desyratnasarifans

Selain seni peran di berbagai layar kaca, Desy juga merambah ke seni olah vokal. Lagunya yang terkenal yaitu Tenda Biru. Di luar menyanyi Desy juga aktif menjadi pembawa acara di beberapa program televisi swasta.

4. Anggota DPR RI.

Dessy Ratnasari Dessy Ratnasari

foto: Instagram.com/@desyratnasarifans

Desy Ratnasari yang memang lahir di Jawa Barat ini telah merambah ke dunia politik berbekal dengan popularitasnya. Sejak tahun 2014, Desy sudah terpilih menjadi anggota DPR RI dari PAN dan akan berakhir pada tahun 2019. Belum habis masa jabatannya, Desy sudah digadang akan maju dalam pilgub Jabar 2018.