Brilio.net - Presiden Jokowi melakukan blusukan ke Tambak Lorok, Semarang pada Minggu (3/2). Kunjungannya saat itu bertujuan melihat kondisi dan mendengar keluhan nelayan. Kunjungan tersebut dilakukan di malam hari.

"Saya hampir setiap minggu, bulan ke kampung nelayan. Bahkan ke kampung nelayan jam 12 malam, tengah malam, saya berdua saja ke sana untuk memastikan bagaimana kondisi nelayan, banyak laporan ke saya tidak baik, yang baik, tapi saya ingin memastikan nelayan betul-betul saya tengah malam ke Tambak Lorok, kampung nelayan di utara kota Semarang, saya ingin betul masalah itu masuk ke telinga saya, kita bisa buat kebijakan yang pas, bank mikro nelayan," kata Jokowi dilansir brilio.net dari merdeka.com

Dalam debat Pilpres 2019 ke-2, Jokowi menceritakan pengalaman kunjungan ke Tambak Lorok tersebut. Jokowi mengaku secara diam-diam melihat sendiri kondisi nelayan di Tambak Lorok. Jokowi mengatakan bahwa kondisi nelayan yang ia ketahui tidak semata-mata hanya dari laporan anak buahnya.

Argumen Jokowi ini lantas mendapat kritik dari Fadli Zon. Fadli Zon mempertanyakan dampak yang terjadi pasca Jokowi mengunjungi Nelayan di Tambak Lorok. "Persoalannya, orang mau datang ke situ terus apa? Ada enggak dampaknya kepada nelayan itu? Apakah nelayan itu menjadi lebih bagus hidupnya dengan kedatangan itu? Orang kalau cuma mau datang-datang doang sih gampang saja," dilansir brilio.net dari merdeka.com.

"Apa hebatnya? Enggak ada hebatnya itu. Pak Harto dari dulu perjalanan incognitonya biasa saja. Saya kira begitu juga dengan presiden-presiden yang lain, dengan Gus Dur dengan Habibie, mungkin dengan Bu Mega, itu satu hal yang biasa saja, dengan Pak SBY gitu," tambah Fadli Zon dilansir brilio.net dari merdeka.com.

Pasca melayangkan kritik ke Jokowi, kini giliran Fadli Zon mengunjungi Tambak Lorok. Melalui akun twitter @fadlizon, ia mengunggah foto tengah ngobrol dengan seorang nelayan. "Incognito ke Tambak Lorok, Semarang, siang ini. Memang bukan tengah malam. Ngobrol dg nelayan," cuitan akun Twitter @fadlizon.

 

Dalam kunjungannya, Fadli Zon memakai kemeja hitam dan kacamata. Fadli Zon melalui akun Twitter @fadlizon juga mengunggah foto dirinya berpose di depan alat peraga kampanye Prabowo-Sandi. Aksi Fadli Zon ini mendapat beragam komentar dari warganet. Berikut tanggapan warganet dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (20/2).

"Pak Fadli, nelayan itu kerja ya malam hari pak, bukan siang, jadi kalau mau tau kendala ya ya dimalam hari, siang mah mereka tidur," komentar akun Twitter @elrisjuan.

"Teruss.... HEBATnya apa bang???hahaha....," cuitan akun Twitter @harttanto98.

"Wahhh pak.fadli koyo detektip konan....," kata akun Twitter @nikoindra.

"Lagi syuting ter mehek2.Xixixixi ..," cuitan akun Twitter @mondry_eddy

"Yg satu tengah malam aja rame, pada antusias. Ini kenapa yg lain siang bolong aja ga ada yg nyamperin? Ada apa gerangan?," tulis akun Twitter @arienug77753345.