Brilio.net - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono sepakat untuk berkoalisi dengan Partai Gerindra dan mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada Pilpres 2019. Kesepakatan ini menjadi hasil pertemuan tertutup yang digelar oleh kedua tokoh di kediaman Prabowo Subianto di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan.

"Kami datang dengan satu pengertian, Pak Prabowo adalah calon presiden kita," kata SBY dalam jumpa pers dikutip brilio.net dari Merdeka.com, Senin (30/7). Presiden ke-6 Republik Indonesia tersebut juga akan menyerahkan sepenuhnya terkait pemilihan cawapres kepada Prabowo.

Kilas balik ke belakang, SBY dan Prabowo ternyata memiliki riwayat sejarah hidup yang nyaris sama. Mereka pun tercatat sebagai rekan seangkatan sejak masa pendidikan militer.

Meskipun begitu, kedua tokoh penting ini memiliki nasib yang berbeda. Kira-kira apa ya? Yuk simak rangkumannya berikut ini.

1. Rekan seangkatan di AKABRI.

Loading...

beda prabowo sby © 2018 berbagai sumber

foto: Istimewa

Prabowo Subianto dan Susilo Bambang Yudhoyono merupakan rekan satu angkatan di Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) yang masuk pada angkatan 1970. Meskipun begitu, SBY lulus terlebih dahulu pada tahun 1973, sedangkan Prabowo harus menunda kelulusan hingga tahun 1974.

2. Menikahi anak jenderal angkatan darat.

beda prabowo sby © 2018 berbagai sumber

foto: Istimewa

Kedua tokoh ini sama-sama menikahi anak jenderal angakatan darat. SBY menikah dengan Ani Yudhoyono putri dari Jenderal Sarwo Edhie Wibowo, sedangkan Prabowo menikah dengan Titiek Suharto, putri dari Jenderal Suharto. Sayangnya, rumah tangga Prabowo dan Titiek harus berakhir di meja perceraian.

3. Akhir karier militer.

beda prabowo sby © 2018 berbagai sumber

foto: Istimewa

Meskipun sama-sama mengarungi dunia militer, Prabowo dan SBY mengakhiri karier dalam situasi yang berbeda. SBY mengakhiri penugasan di dinas militer dengan pangkat letnan jenderal, lantas mendapat penugasan baru sebagai menteri. Saat di luar dinas militer inilah SBY meraih pangkat jenderal penuh (bintang empat). Sementara Prabowo juga menutup karier di dinas militer dengan pangkat lentan jenderal. Tapi, akhir kariernya ini tidak gemilang karena dia diberhentikan pada tahun 1998.

4. Ketua umum partai politik besar.

beda prabowo sby © 2018 berbagai sumber

foto: Istimewa

Kedua tokoh ini kini menjadi pemimpin partai politik besar di Indonesia. SBY merupakan pimpinan Partai Demokrat sedangkan Prabowo merupakan ketua umum Partai Gerindra. Namun, SBY dan partainya pernah memenangi pemilu, sedangkan Prabowo bersama Gerindra belum memenangi pemilu.

5. Pernah menjadi capres.

beda prabowo sby © 2018 berbagai sumber

foto: Istimewa

SBY dan Prabowo sama-sama pernah mencalonkan diri sebagai presiden. Namun, kedua tokoh ini memiliki nasib yang berbeda. SBY dua kali menjadi capres dan dua-duanya memenangi pemilihan presiden, sedangkan Prabowo belum pernah memenangkan pilpres.