Brilio.net - Kepala daerah dipilih oleh rakyat tentu mempunyai tanggung jawab besar. Para pemimpin daerah ini harus memastikan semua pelayanan publik berjalan dengan lancar serta aman.

Karenanya dalam berbagai keadaan darurat, banyak kepala daerah yang memang harus sigap dalam bertindak.

Berikut ini brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (1/3), lima aksi sigap pemimpin daerah turun tangan langsung atasi permasalahan kotanya.

1. Ridwan Kamil di lokasi bom panci, Bandung.

Sigap pemimpin © 2017 brilio.net foto: Instagram/@ridwankamil

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dengan sigap mendatangi lokasi penggerebekan pelaku peledakan bom panci, Senin (27/2). Kang Emil bersama tim kepolisian datang ke kantor Kelurahan Arjuna, Cicendo, dengan mengenakan rompi antipeluru serta helm dan mengikuti proses pengerebekkan hingga selesai.

Setelah meledakkan bom dan bersembunyi di kantor kelurahan, pelaku yang membawa senjata api laras pendek ini melakukan perlawanan dengan mengeluarkan tembakan.

Pelaku juga sempat membakar gedung kelurahan di lantai 2 sehingga menimbulkan api dan asap pekat, yang sempat membuat tim gegana Polri kesulitan mengamati keberadaan tersangka, yang akhirnya meregang nyawa di tangan polisi karena melawan saat penggerebekan.

2. Ganjar Pranowo ngamuk dengan pungli di jembatan timbang, Batang.

Sigap pemimpin © 2017 brilio.net foto: youtube.com

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo marah besar kepada anak buahnya saat sidak ke jembatan timbang di Subah, Batang. Sebab saat dia sedang sidak mendadak ada kernet sopir truk memberi amplop berisi uang kepada petugas timbangan pada tahun 2014 lalu.

Ganjar memang kerap mendapatkan laporan adanya aksi pungli di jembatan timbang tersebut. Ia pun melakukan sidak dan benar menemukan aksi pungli tersebut.

3. Rismaharini saat macet dan banjir di Surabaya.

Sigap pemimpin © 2017 brilio.net foto: Ranimasruiyah

Ketika bulan Desember angka intensitas hujan terus naik. Kota besar seperti Surabaya terkena banjir di beberapa titik. Ketika itu Rismaharini langsung memantau pintu-pintu air di beberapa titik dengan Handy Talky di tangannya.

Risma memang kerap turun langsung atasi permasalah kotanya dan ia juga dikenal tegas dan sigap dalam memperbaiki setiap fasilitas publik yang rusak.

4. Saifullah Yusuf saat atasi banjir.

Sigap pemimpin © 2017 brilio.net foto: kominfo.jatimprov.go.id

Beberapa waktu terakhir hujan datang sangat sering. Melihat daerahnya banjir, Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf melakukan sidak banjir di Jabon, Sidoarjo sembari berkordinasi dengan banyak orang untuk menormalisasi sungai yang ada di Sidoarjo. Ia pun meninjau langsung dan menyapa warganya.

5. Walkot Malang Muhammad Anton bersihkan selokan.

Sigap pemimpin © 2017 brilio.net foto: humas.malangkota.go.id

Wali Kota Malang, Muhammad Anton melakukan aski turun tangan dalam kerja bakti di Jalan Sigura gura Kota Malang. Kerja bakti digelar lantaran daerah tersebut merupakan kawasan rawan banjir.

Dalam kerja bakti tersebut turut juga diikuti oleh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota Malang. Aksi ini Anton sendiri lakukan karena kerap mendapat laporan lokasi tersebut kerap banjir.