Brilio.net - Pesta demokrasi berlangsung terbuka. Setiap Warga Negara Indonesia berhak memilih calon presiden dan wakilnya serta calon anggota legislatif. WNI juga berhak menjadi anggota legislatif apabila memenuhi syarat.

Berbagai kalangan mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dalam Pemilu 2019. Banyak wajah-wajah baru caleg dari kalangan selebritis. Ada juga caleg yang merupakan anak dari tokoh terkenal.

Dalam Pemilu 2019, beberapa petinggi partai mengusung nama anaknya sendiri sebagai caleg. Anak elite partai ini disebut raih banyak suara. Oleh karena itu mereka juga diprediksi lolos ke kursi DPR.

Nah, siapa saja anak elite partai yang disebut lolos ke kursi DPR? Yuk, simak informasinya berikut ini seperti dilansir brilio.net dari merdeka.com, Jumat (3/5).

 

1. Hanafi Rais

anak elit © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: merdeka.com

 

Hanafi Rais kembali maju menjadi caleg petahana dari Partai Amanat Nasional (PAN) untuk daerah pemilihan (Dapil) Daerah Istimewa Yogjakarta (DIY). Putra dari politikus senior PAN Amien Rais ini diprediksi kembali lolos menjadi anggota DPR periode 2019-2024. "Harapan kita juga demikian (lolos)," kata Sekjen PAN Eddy Soeparno.

Pada periode 2014-2019 Hanafi sebagai anggota DPR duduk di Komisi I. Ia menjabat Wakil Ketua Komisi I DPR-RI yang membidangi pertahanan, intelijen, luar negeri, komunikasi dan informatika.

 

2. Puan Maharani

anak elit © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: Instagram/@puanmaharaniri

 

Putri dari Ketum PDIP Megawati Soerkarnoputri, Puan Maharani juga diprediksi lolos ke Senayan untuk periode 2019-2024. Puan maju dari PDIP Dapil Jawa Tengah V. Puan diprediksi meraup suara tertinggi dari Dapil tersebut.

"Mbak Puan Maharani perolehan suaranya paling banyak, sekitar 420 ribu suara," kata Politikus PDIP Aria Bima.

 

3. Prananda Paloh

anak elit © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: Instagram/@pranandapaloh

 

Anak petinggi partai yang diprediksi lolos lainnya adalah Prananda Surya Paloh yang maju dari Partai NasDem. Prananda maju dari Dapil Sumut I meliputi daerah Kota Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai dan Tebing Tinggi.

"Lolos," kata Sekjen Partai NasDem, Johnny G Plate.

Sebelumnya Prananda merupakan anggota DPR periode 2014-2019. Di DPR dia ditempatkan di Komisi I membidangi pertahanan, intelijen, luar negeri, komunikasi, dan informasi dan di Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP).

 

4. Ibas

anak elit © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: Instagram/@ibasyudhoyono

 

Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas juga diprediksi lolos ke Senayan dari Partai Demokrat. Ibas merupakan putra bungsu dari Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) maju dari Dapil VII Jawa Timur meliputi Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Magetan dan Ngawi.

Menurut Koordinator Tim Edhie Baskoro Kabupaten Trenggalek, Syuhadak mengatakan Ibas diprediksi melaju ke Senayan dengan perolehan suara terbanyak diperolehan di Pacitan. Pacitan sendiri merupakan kampung halaman dari SBY yang merupakan orang tua dari Ibas. Pada periode 2014-2019, Ibas sebagai anggota Badan Anggaran dan Komisi I DPR RI yang membidangi hubungan luar negeri, pertahanan, dan informasi dan komunikasi.