Brilio.net - Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 tinggal menunggu hitungan hari. Kurang dari sepuluh hari lagi, masyarakat Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi. Para calon anggota legislatif maupun eksekutif telah melakukan berbagai persiapan jelang kontestasi. Panasnya persaingan menuju kursi RI 1 juga semakin terasa mendekati hari H pemilu.

Capres dan cawapres nomor urut 01 maupun 02 terus melakukan upaya kampanye dan mengokohkan program hingga visi dan misinya. Selain itu, sejak masa kampanye dibuka pada September 2018 lalu, para capres dan cawapres gencar melakukan safari politik. Keduanya selain melakukan kampanye secara massal yang dihadiri oleh masayarakat umum, juga melakukan pertemuan atau agenda silaturahmi ke sejumlah tokoh penting. Baik tokoh politik maupun tokoh agama.

Capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) beberapa kali diketahui berkunjung ke sejumlah tokoh agama, begitupun capres nomor urut 02 Prabowo Subianto. Keduanya bahkan sempat mengunjungi tokoh-tokoh politik maupun agama yang sama, meski dalam waktu dan suasana yang berbeda.

Beberapa tokoh yang sama-sama dikunjungi oleh Jokowi dan Prabowo, yakni KH. Maimoen Zubair, KH. Salahuddin Wahid, Sinta Wahid, dan Sri Sultan Hamengkubuwono X. Saat mengunjungi tokoh-tokoh tersebut, kedua capres memiliki gaya yang berbeda lho.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (9/4) berikut 4 potret beda momen kunjungan Jokowi dan Prabowo dengan sejumlah tokoh penting.

1. KH Maimoen Zubair.

jokowi prabowo safari © 2019 berbagai sumber

foto: BPMI Setpres & Instagram/@indonesiaadilmakmur

Capres nomor urut 01 Jokowi dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto pernah mengunjungi KH Maimoen Zubair di Rembang. Dalam kesempatan tersebut, tampak Jokowi menggandeng tangan KH Maimoen atau Mbah Moen, sedangkan Prabowo tampak bersalaman dan memeluk KH Maimoen Zubair.

2. KH Salahuddin Wahid.

jokowi prabowo safari © 2019 berbagai sumber

foto: setkab.go.id & merdeka.com

Jokowi dan Prabowo juga sama-sama pernah berkunjung ke kediaman Kiai Salahuddin Wahid atau dikenal dengan Gus Solah. Kunjungan Jokowi tersebut dalam rangka meresmikan Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy’ari yang lokasinya tak jauh dari Pondok Pesantren Tebuireng. Sementara itu, lawatan Prabowo dan Sandiaga Uno ke Ponpes Tebuireng dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN).

3. Sinta Wahid.

jokowi prabowo safari © 2019 berbagai sumber

foto: presidenri.go.id & liputan6.com

Jokowi dan Prabowo juga pernah mengunjungi istri Gus Dur yakni Sinta Wahid di kediamannya. Jokowi terlihat tengah bersalaman dan sungkem dengan Sinta Wahid. Prabowo dalam lawatan ini juga sempat mengabadikan foto dengan istri Presiden ke-4 RI tersebut.

4. Sri Sultan Hamengkubuwono X.

jokowi prabowo safari © 2019 berbagai sumber

foto: liputan6.com & Instagram/@indonesiaadilmakmur

Dalam agendanya di Yogyakarta, Jokowi dan Prabowo sama-sama menyempatkan diri untuk berkunjung ke Keraton dan bertemu Sri Sultan HB X. Jokowi tampak bersama Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri bertemu secara tertutup dengan Sri Sultan HB X dan GKR Hemas. Sementara, Prabowo tampak didampingi Titiek Soeharto bertemu dengan Raja Jogja tersebut.