×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Orang-orang bergelimpangan darah jadi tontonan saja, kenapa?

View Image

0

BRILIO » News

Orang-orang bergelimpangan darah jadi tontonan saja, kenapa?

Fadila Adelin (brl/swh)

18 / 08 / 2015

Kepanikan melanda Stasiun Patukan, Gamping, Sleman, Yogyakarta, Selasa (18/8). Di sana terjadi kecelakaan. Mobil yang melaju kencang menabrak badan kereta sampai membuat kereta keluar dari jalurnya.

Benturan yang keras membuat kepanikan penumpang kereta sehingga banyak yang meloncat keluar dari kereta yang menyebabkan korban semakin banyak berjatuhan.

Masyarakat pun dengan berbondong-bondong mulai menolong korban. Beberapa memanggil ambulans dan PMI. Tapi anehnya, sebagian malah ada yang tertawa dan duduk saja. Kok begitu?

Ah, ternyata semua itu hanyalah simulasi saja. Simulasi penanganan korban kecelakaan kereta api dan mobil tersebut dilakukan dalam kegiatan Reaktivasi Jejaring Gawat Darurat Lintas Sektoral Yogyakarta yang diadakan oleh Pusat Pelayanan Bantuan Kesehatan (Pusbankes).

Dalam agenda tersebut Pusbankes mengikutsertakan tim armada ambulans dari berbagai rumah sakit di Jogja dan tentunya masyarakat. Tema yang diangkat adalah kecelakaan kereta api dengan sebuah mobil yang menerabas palang kereta api.

"Yang pertama mereka harus dijauhkan dari TKP kecelakaan. Karena dikhawatirkan jika kendaraan tersebut meledak. Prioritas utama penyelamatan adalah untuk mereka yang terluka parah," terang Michael Anang, salah satu panitia Pusbankes kepada brilio.net, Selasa (18/8).

Sejumlah langkah pertolongan diperagakan dengan baik dalam simulasi. Setelah korban berhasil dikeluarkan dari kereta, maka polisi akan memasang police line untuk mengamankan TKP. Setelah dilakukan evaluasi dan korban dinyatakan stabil, maka segera disiapkan untuk dilakukan transportasi menggunakan ambulance untuk di bawa ke rumah sakit.

Masyarakat juga diajari bagaimana cara memberikan napas buatan, memperlakukan luka korban, dan agar masyarakat tahu mana korban yang harus diprioritaskan pertama.

Dan, berikut foto-foto adegan simulasi, yang sepintas mirip kejadian aslinya:

Mobil digambarkan dalam keadaan penuh darah.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more